Menu
Tampilkan postingan dengan label Rebus. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Rebus. Tampilkan semua postingan

Assalamualaikum,

Gimana puasanya yang sudah jalan setengah bulan ini, Bunda? Masih semangat kan bebikin buat menu buka puasa keluarga?

Karena hari ini Bali lumayan panas membahana, dan Mak Icik lumayan semangat membahana juga, gimana kalau kita bikin sayur asem aja.
Kayaknya seger tuh buat menu buka puasa hari ini.

Tapi, berhubung hari ini di Bali sedang barengan sama hari raya Galungan, dan pasar tutup, dan toko sayur langganan juga nggak punya stok sayuran.
Apalah daya, kita bikin sayur asemnya sesuai stok yang ada aja ya. Ini juga pak suami lho yang bela-belain belanja ke agak jauhan sana, di kampung jawa. Hihihi.
Thanks bebs.


Baca Juga: Resep Nasi Goreng Kampung Mak Icik


Resep sayur asem untuk buka puasa
Sayur Asem ala Mak Icik

Resep Sayur Asem ala Mak Icik


BAHAN:

  • 1 ikat kecil kacang panjang
  • 1 ikat kecil kangkung
  • 1 buah wortel
  • 2 genggam kacang tanah basah (kupasan)
  • 1 buah tomat uk. Besar
  • 1 buah cabe merah, buang bijinya
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ibu jari lengkuas, geprek
Bumbu halus:
  • 4/5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sdt terasi
  • Gula dan garam
  • Kaldu bubuk, saya pakai rasa sapi

CARA MEMBUAT:

  1. Cuci dan rebus kacang tanah hingga empuk. Tiriskan.
  2. Sementara merebus kacang, siangi dan potong semua sayur.
  3. Rebus air hingga mendidih, masukkan garam secukupnya. Ini fungsinya agar warna sayuran tetap segar.
  4. Masukan irisan wortel dan kacang panjang, biarkan hingga agak lunak.
  5. Masukkan semua bahan sisa, kacang rebus dan juga bumbu halus. Masak hingga semua sayur empuk. Koreksi rasa.
  6. Siap deh sayur asem seger buat buka puasa.

Gimana, mudah kan bikinnya? Yuk bikin Bunda!


Note:
- Sayuran boleh diganti atau ditambah apa saja sesuai selera ya Bunda, seperti jagung manis, labu jepang, daun so/belinjo, buah belinjo dll.
- Jika dirasa kurang asam boleh ditambah lagi tomatnya, atau ditambah 1 sdm air asam jawa.




- Mak Icik -

0

Top Search

New Entry

design by Helplogger

Related post

Author



Saya bukan good writer, juga bukan good blogger, apalagi baking master,,, saya hanya emak-emak berdaster yang sering lupa kalo umurnya udah tua dan anaknya udah dua
(^。^) 

Yuk kenalan disini






"Berbagi-lah hal yang bermanfaat untuk orang lain meski itu kecil, Insya Allah akan memberi manfaat lebih untuk mu meski itu kelak"

- Sera Wicaksono -

Community