Menu
Tampilkan postingan dengan label Kue. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Kue. Tampilkan semua postingan

Olahan keju memang seperti tidak pernah mati gaya. Cake, Cookies, sebagai topping bahkan sebagai camilan yang digoreng. Dan olahan keju yang satu ini sangat identik dengan kue lebaran yang istimewa, apalagi kalau bukan Kastengel.

Resep kue Kastengel
Kaasstangel - yang dalam bahasa Belanda artinya batangan keju.

Semua tahu kan ya, kebanyakan kue lebaran kita, dan kue-kue lainnya yang sering kita tahu adalah warisan dari jaman penjajahan kompeni.

Mulai dari Nastar, yang dari bahasa Belanda ananas-tart. Katte-tong, yang juga dari bahasa Belanda yang artinya lidah kucing. Kastengel pun demikian.

Kastengel, yang dalam penulisan aslinya adalah Kaasstengel. Masih dalam bahasa Belanda juga, Kaas yang artinya Keju dan Stengel yang berarti balok atau batangan. Bisa juga diartikan kue keju yang bentuknya balok atau batangan.

Selain ananas-tart a.k.a Nastar, kue Kaasstengel ini juga sering dijadikan suguhan andalan saat hari raya. Rasa kejunya yang gurih menjadi pilihan tepat bagi yang tidak menyukai camilan manis.

Pembuatannya pun tergolong mudah, karena tidak membutuhkan tehnik khusus dalam membentuknya.
Buat para pecinta keju, yuk bikin sendiri Kaasstengel yang ngeju dan lumer ini.

Baca juga: Resep Kue Sagu Keju


Resep Kue Kaasstengel

(Source: Iien Soegie Cookpad)

Bahan:

  • 150 gram Mentega
  • 75 gram keju edam parut
  • 1 butir kuning telur
  • 200 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sdt tepung maizena
  • Kuning telur untuk olesan
  • Parutan keju cheddar

Cara membuatnya:

  1. Kocok mentega sebentar saja, kurang dari satu menit. Masukkan kuning telur, aduk rata.
  2. Tambahkan bahan lainnya bertahap dan aduk rata dengan spatula hingga menjadi adonan.
  3. Gilas adonan diatas plastik, atau silpad setebal kurang lebih 1 cm atau kurang.
  4. Potong kotak-kotak batang atau bisa juga menggunakan cetakan cookie-cutter.
  5. Olesi dengan kocokan kuning telur, dan taburi dengan parutan keju cheddar diatasnya.
  6. Panggang dengan api kecil selama 15 - 20 menitan atau hingga bagian bawah kecoklatan. 
    Resep kue Kastengel
    Ketebalan kue sebaiknya tidak tipis dan tidak terlalu tebal
  7. Dinginkan dan segera masukan toples.

Gampang banget kan cara membuatnya, yuk Bunda bikin sendiri.

***

Contoh bentuk lain dari kue keju



- Mak Icik -
0

Menyiasati sisa Butter Cream yang tidak terpakai, daripada dibuang mending dibikin kue enak ini aja yuk.

Resep kue lidah kucing dari Butter Cream
Lidah Kucing - Katte-tong

Ada yang tahu nggak, Kue Lidah Kucing ini asalnya darimana?

Yupp!
Kue lidah kucing ini berasal dari negri kincir angin, Belanda alias Holland.
Di negri asalnya, kue ini bernama katte-tong yang artinya lidah kucing. Atau dalam terjemahan bahasa Inggris adalah Kitty Tongue.

Katte-tong dalam bahasa Indonesia sering juga disebut sebagai ketetong. Hal ini hanya untuk mempermudah penyebutan atau pelisanan saja.

Resep kue ini cukup sederhana dan mudah. Dan sebagai kue andalan untuk menyiasati putih telur sisa membuat kue kering lainnya seperti nastar, kastangel dan lain sebagainya.

Biasanya bulan Ramadhan yang sudah mendekati hari raya seperti ini, banyak ibu-ibu yang mulai sibuk di dapur menyiapkan kue lebaran, salah satunya Nastar yang bakalan menyisakan putih telur. Yang pastinya sebagai ibu-ibu, membuang-buang bahan makanan adalah sesuatu yang "haram". Sayang khan? Karena itu belinya juga pake duit *jurus hemat si emak.

Begitu juga Butter Cream yang masih sisa banyak, dan belum ada rencana kapan lagi akan memakainya. Daripada keburu jamuran, yuk kita bikin kue lebaran aja.


Baca juga: Resep Buttercream yang Enak dan tidak Ngendal

Resep Kue Lidah Kucing dari sisa Butter Cream


Bahan:

  • 400 gram Butter Cream (resep asli 250 gram mentega + 150 gram gula halus)
  • 120 gram putih telur
  • 180 gram tepung terigu protein rendah
  • 10 gram tepung maizena
  • 10 gram susu bubuk
  • 20 gram coklat bubuk (jika tidak suka coklat boleh di skip, ganti dengan terigu)

Cara membuat:

  1. Kocok butter cream sebentar menggunakan mixer, cukup sampai lembut kembali saja. Kecuali untuk resep asli, kocok butter/margarin dan gula hingga putih mengembang, ya.
  2. Tambahkan putih telur, kocok hingga putih telur rata.
  3. Tambahkan bahan kering lalu aduk rata dengan spatula. 
    Adonan Lidah Kucing
  4. Masukkan adonan ke dalam piping bag atau plastik segitiga. Potong bagian ujungnya dan semprotkan secukupnya diatas loyang khusus lidah kucing. 
    Potong ujung plastik segitiga kira-kira seukuran ini


    Resep kue lidah kucing
    Semprotkan adonan secukupnya seperti ini
  5. Panggang dengan api kecil selama 15 hingga 20 menitan. Atau bagian bawah dan pinggiran kue agak mengering.
  6. Dinginkan sebentar dan segera masukkan ke dalam toples kedap udara agar kue tetap renyah. 
    Bentuk lidah kucing setelah dipanggang

***

Tips:

• Segera masukan kue ke dalam toples sebelum benar-benar dingin agar tidak melempem.
• Biasanya saat baru matang, tekstur kue tidak terlalu kering. Setelah dingin kue akan mengeras sendiri.



- Mak Icik -
0

Sagu Keju - si jadul yang kekinian. Karena segala sesuatu yang mengandung keju biasanya disebut kekinian.

Resep kue sagu keju

Jaman saya masih kecil, saat lebaran biasanya selalu ada kue yang semodel beginian ini, tapi tanpa keju.

Kalau di jawa, di tempat saya. Kue sejenis ini disebut semprit, atau lebih spesifik lagi disebut semprit larut. Larut berasal dari kata jelarut atau tepung jelarut, yaitu jenis tepung yang berasal dari umbi-umbian seperti halnya tepung tapioka.

Tepung larut juga dikenal dengan sebutan tepung garut atau pathi garut.
Tepung jelarut atau larut ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan tepung tapioka atau sagu, yaitu sama-sama terasa mengendal di mulut.
Dan itu sebabnya kenapa dulu saya tidak pernah menyentuh kue ini.
Karena sensasi "ngendal" itulah yang menurut lidah saya sebagai anak kecil adalah sesuatu yang tidak mencerminkan kenyamanan, *eaaaa apaan sih.

Tapi, karena sekarang sudah menjadi kue yang kekinian, karena mengandung keju. Jadi wajib dicoba ya, karena buat saya ini enak banget. Selain sensasi ngendal yang khas, juga ada sensasi krenyes-krenyes dari parutan kejunya.


Resep Kue Sagu Keju

Bahan:

  • 250 gram Tepung Sagu/tapioka/larut
  • 2 lembar daun pandan
  • 125 gram margarin
  • 90 gram gula halus
  • 65 ml santan instan/kental
  • 1 butir kuning telur
  • 90 gram keju edam/cheddar/boleh dicampur

Cara membuat:

  1. Sangrai tepung sagu dengan daun pandan selama 5 hingga 10 menitan, sampai aroma daun pandannya keluar dan tepung terasa lebih ringan. Dinginkan.
  2. Kocok rata margarin dan gula. Tambahkan santan dan telur, aduk rata kembali. 
  3. Masukkan parutan keju dan aduk rata.
  4. Tambahkan tepung sagu yang sudah dingin dan diayak, secara bertahap sambil diaduk menggunakan spatula.
  5. Cetak dengan spuit sesuai selera. Jangan lupa diberi jarak, karena kue akan sedijit mengembang. 
    Resep kue sagu keju
    Bentuk sagu keju favorit saya, simpel dan cantik

    Resep kie sagu keju
    Sagu keju sebelum dipanggang
  6. Panggang dengan api kecil agak sedang, atau sekitar 165°C (susu menyesuaikan oven masing-masing ya). Hingga bagian bawah kecoklatan dan keju terlihat samar coklat.
  7. Dinginkan dan simpan dalam toples kedap udara agar tetap renyah.

***

Tips:

• Hindari menyangrai tepung terlalu lama ya, karena bisa membuat kue cepet gosong dan warnanya menjadi kurang cantik.
• Margarin dan gula cukup dikocok hingga rata saja, sebaiknya gunakan hand whisker. Pengocokan yang terlalu lama bisa membuat kue meleber ketika di oven.
• Gunakan tepung kualitas bagus agar bentuk kue tetap cantik setelah dipanggang dan tidak meleber. Pengalaman saya pernah menggunakan tepung tapioka merk tertentu yang membuat kue meleber.


- Mak Icik -


0

Tips dan cara membuat nastar mulus kinclong

Assalamualaikum,

Masih sama dengan keyword yang kemarin ya, Nastar.
Cara bikin selai nastar yang legit aduhai, sudah. Resep Nastar yang enak dan lumer, juga sudah. Saatnya eksekusi dong, ya.

Dari selesai subuh sudah semangat empat lima nih, mulung-mulung cantik sambil nyanyi-nyanyi. Ehh pas si nastar udah mateng, nastarnya burem.

Kesel kan? Kesel dong pasti.

Mak icik juga sering gitu. Apalagi kalau udah di puk-puk cantik, pas dioven, eh pecah. Kalau enggak gitu, mleber kemana-kemana.
Kalau sudah begini, si cantik Nastar yang tadinya mau eksis jadi primadona kue lebaran batal montok deh, yekan?
Malah jadinya si Nastar pesek. Atau si Nastar buruk rupa? Hahaha, jangan!
Cukup si itik saja yang buruk rupa, ya.
Nastar mah jangan.

BACA JUGA: Resep Kue Nastar Lumer

• Cara membuat nastar yang cantik dan mulus


Ini beberapa pertanyaan yang paling sering bergumul dalam benak, pas tetiba nastar idaman kita melenceng dari ekspektasi.

  1. Kenapa Nastar saya meleber bentuknya ya kak? 
  2. Kenapa Nastar saya kok pecah ya kak?
  3. Kenapa Nastar Saya burem dan nggak bisa kinclong? 
  4. Kenapa Nastar saya Bergerindil? 
  5. Kenapa Nastar saya kurang lumer?

1. Pengocokan Mentega 

Pernah nggak saat kita membuat kue kering, sudah kita hati-hati membentuknya secantik mungkin, namun ketika si kue keluar dari oven hasilnya malah melebar atau meleber dan nggak secantik sewaktu tadi kita membentuknya?

Saya pernah, juga sering dulu. Tapi Alhamdulillah setelah dapat beberapa pencerahan dari para tetua dan suhu perkuean, terjawab sudah kenapa nastar saya dulu pesek, hehehe.

Saat kondisi ini terjadi, hal yang pertama kita lakukan pastilah menambah jumlah tepung. Ini kerap terjadi, termasuk saya dulu juga begitu.
Penampakan kue yang melebar mengansumsikan adonan yang terlalu lembek. Dan adonan yang terlalu lembek, bisa diasumsikan kurang tepung.

Namun, apa yang terjadi ketika kita menambahkan tepung terlalu banyak dari takaran resepnya?

Tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap rasa dan tekstur kuenya. Bisa jadi kurang manis, aroma menteganya jadi pudar, atau teksturnya menjadi lebih padat dan keras.

Kalau sudah begini, bukan nastar aroma susu dan mentega lagi, tapi berubah jadi nastar rasa tepung, bukan?
Ini juga bisa sesikit menjawab pertanyaan kenapa kue saya tidak lumer.

Pengocokan mentega atau margarin untuk kue kering, cukup hanya sampai mentega tercampur rata dengan gula dan telur saja. Tidak perlu terlalu lama apalagi sampai mentega pecah bahkan mengembang.
Kecuali untuk jenis kue kering yang membutuhkan tehnik meleber, seperti misalnya kue lidah kucing atau Almond cookies.

Jadi, sudah ada gambaran kan Bunda kenapa nastarnya kemaren bentuknya jadi meleber kemana-kemana.

Yang tidak kalah penting juga, saat proses pencampuran tepung. Banyak ibu-ibu yang takut keburu anaknya nangis, langsung mengaduk adonan dengan tangan. Biar cepet katanya.
Ini kurang tepat ya Moms!

Aduklah adonan menggunakan spatula hingga tercampur rata, baru membentuknya dengan tangan, yang bahkan kalau bisa sebaiknya menggunakan sarung plastik tangan atau hand gloves, tapi yang khusus untuk memasak ya Bunda, jangan keliru sama sarung tangan berkebun.

Selain lebih higienis, sarung tangan dapat menghalangi adonan terpapar suhu tubuh secara langsung yang dapat menyebabkan adonan menjadi keras dan kue menjadi kurang lumer.


2. Suhu oven

Hampir semua kue kering harus dipanggang dengan suhu kecil, begitu juga dengan nastar. Bahkan nastar ini butuh api yang lebih kecil daripada kue kering jenis lainnya.

Kenapa?
Karena suhu yang terlalu besar atau terlalu panas bisa membuat kue kering pecah. Sebenarnya hal ini tidak hanya berlaku pada kue kering saja, cake atau bolu pun demikian. Bakalan retak merekah kalau suhunya terlalu tinggi.

Saya sih tidak bisa menjelaskan prosesnya secara ilmiah, kimiawi atau apalah. Tapi saya pernah baca demikian, demikian pula saya pernah mengalaminya. Hehehe.


Lalu berapakah suhu yang tepat?

Saya tidak paham betul berapa suhu persisnya ya, karena setiap oven memiliki karakter yang berbeda-beda. Tapi sependek yang saya tahu dan yang pernah saya baca adalah tidak pernah lebih dari 150°C, atau berkisar di suhu 130 - 150 derajat Celsius.

Karena sampai saat ini saya pribadi belum pernah menggunakan oven listrik untuk memanggang nastar, jadi belum bisa banyak bercerita tentang nominal suhu. Lain kali saya update ya kalau sudah paham dengan oven listrik untuk nastar ini.

Tapi buat yang menggunakan oven jadul atau tangkring alias otang. Itu tuh, oven yang dari bahan gembreng yang musti ditangkringin di atas kompor
Terutama yang versi jadul atau tanpa thermometer ya, karena otang versi kekinian sudah banyak yang dilengkapi fitur thermometer.

Selalu gunakan api paling kecil, ingat! Paling kecil ya. Biasanya posisi api ini kalau dikecilin lagi bakalan mati atau kelap-kelip *bukan lampu di kota*

Jika api kompor sudah "merasa" diset paling kecil tapi masih juga pecah, berarti masih belum paling kecil tuh Bunda. Bisa jadi kompornya yang error *kayak punya saya* atau mulungnya masih kurang padat, jadi masih ada beberapa retakan kecil yang ketika kena suhu panas dan mengalami yang namanya mengembang, dia akan retak.

Kalau masih mentah saja sudah tidak mulus, jangan tanyakan lagi kenapa itu retak saat matang nanti. Hihihi.


3. Olesan Kuning Telur

Kesalahan pertama kenapa nastar kita hasilnya burem alias butek adalah waktu pengolesan kuning telur yang kurang tepat.
Yes, dulu saya juga sering mengalami hal ini. Nastar sudah dipoles cantik pakai full kuning telur pula, eh pas keluar oven warnanya jadi coklat kusam atau jadi pucat lecek.

Pengolesan kuning telur yang tepat adalah setelah nastar matang ya ibuk-ibuk, bukan pada saat adonan mentah yang siap dioven.
Karena, jika kuning telur dipanggang terlalu lama maka warnanya akan lebih cepat matang, jadi kusam dan ikut retak saat proses kue mengembang.

Namun yang juga perlu diperhatikan adalah, tunggu kue dingin atau hangat kuku terlebih dahulu baru dilakukan sesi pengolesan.

Ini penting! Kenapa?

Karena kuning telur akan segera matang saat terkena suhu yang tinggi.
Pernah nih saya ngalamin, pas nastar baru matang dan keluar oven langsung saya poles, eh malah bergerindil kuning telurnya jadi kayak telur rebus. Hehehe.


• Tips membuat nastar yang kinclong


Mungkin tulisan ini adalah yang kesekian ribu tentang tips membuat nastar yang kinclong. Ada beberapa juga tips-tips yang pernah saya baca mengenai ramuan kinclong untuk nastar, namun ini yang akhir-akhir ini sering saya gunakan dan paling nyaman buat saya.

Ramuannya kinclong mujarabnya adalah:
(Resep diadopsi dari IG @rondut dan @fen.z)
  • 3 butir kuning telur
  • 10 gram adonan nastar
  • 1 sdt penuh butter/mentega
  • Sedikit susu cair atau minyak goreng, jika diperlukan

Cara membuatnya:

Campur dan aduk rata semua bahan hingga kekentalannya menyeruapai nail polish alias cat kuku. Jadi tidak terlalu encerbataupun terlalu kental.

Tips dan cara membuat nastar yang cantik dan mulus
Adonan olesan nastar

Oleskan bahan olesan merata pada permukaan nastar yang sudah matang dan tidak panas lagi. Ingat! Sudah tidak panas lagi ya nastarnya.
Panggang lagi dengan suhu paling rendah selama lima menit saja.

Tips dan cara membuat nastar yang cantik dan mulus


Sebaiknya gunakan kuas yang lembut khusus untuk olesan kuning telur, banyak dijual di TBK terdekat.

Tips dan cara membuat nastar yang cantik dan mulus
Contoh kuas yang saya gunakan

Gunakan kuning telur omega untuk hasil yang lebih golden, karena telur negri warna kuningnya lebih pucat. Namun jika telur omega sulit didapat, atau harganya terlalu mahal boleh disiasati dengan sedikit meneteskan pewarna kuning telur.

Adonan nastar yang dicampurkan, selain berfungsi sebagai pengental juga dapat mengurangi garis-garis retakan akibat proses mengembang saat pemanggangan tadi.

Bolehkah mentega diganti margarin?
Boleh saja, namun tentu saja akan berbeda aromanya.

Susu cair hanya sebagai pengencer saja jika dirasa adonannya terlalu kental. Boleh menggantinya dengan minyak goreng jika tidak ada stok susu cair, ini menurut saya.
Namun penambahan minyak goreng akan menghasilkan bintik-bintik embun setelah pemanggangan. Finishing nya adalah ditap-tap dengan tissue untuk menghilangkan si embun.
Namun jika produksi nastarnya banyak, penambahan minyak goreng kurang efektif.

Nah, semoga sudah terjawab ya pertanyaannya kenapa nastar saya pecah dan kusam. Yuk, mumpung lebaran masih lama nyicil bikin nastar.
Eitss, tapi awas habis sebelum lebaran yah :)

Kalau habis boleh order ke Mak Icik ya gaes, xixixi :)

Nastar mak icik kitchen
Nastar kinclong by Mak Icik Kitchen





- Mak Icik -

8

Resep Kue Nastar Lumer


Halo Mak say, assalamualaikum...

Kalau kemarin kita sudah bahas tentang selai isian nastar, hari ini kita akan eksekusi bikin nastarnya, ya.

Berbeda dengan jaman saya kecil, yang nastar adalah termasuk kue kelas pejabat yang hanya bertengger di rumah gedongan saja. Kini, kue Nastar ini hampir bisa ditemui di setiap rumah.
Boleh dibilang meja lebaran terasa hampa tanpa kehadiran kue yang satu ini, bukan?

Karena saking banyaknya animo masyarakat tentang kue ini, tentu saja membuat kue ini muncul dengan banyak varian.
Mulai dari original, keju, bentuk buah, pakai full butter atau bahkan pakai full tepung, hehehe.

Saya pernah lho mencicipi kue yang seperti ini, full tepung. Dan kehadiran kue yang seperti itu bukan tidak ada alasan, tentunya.
Karena tingginya permintaan masyarakat dari segala kalangan, membuat para pebakul kue berinovasi dan berlomba membuat kue nastar dengan berbagai level kualitas agar semua kalangan bisa menghadirkan kue kebanggaan hari raya yang satu ini.

Nah, buat Bunda yang nggak pengen kue nastarnya rasa full tepung, bikin sendiri yuk kue Nastar yang enak dan lumer di mulut ini.


BACA JUGA: Resep Selai isian Nastar yang Legit


Resep Kue Nastar Lumer

(Resep diadopsi dari mba Iien Soegie Cookpad)

BAHAN:

  • 200 gram Mentega dan Margarin
  • 30 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 250 gram Tepung terigu protein rendah
  • 1 sdt tepung maizena
  • 1 sdm susu bubuk
  • Secukupnya selai nanas/isian nastar
  • Kuning telur untuk olesan

CARA MEMBUAT:

  1. Kocok campuran mentega dan margarin serta gula halus cukup hingga tercampur rata saja.
  2. Masukkan kuning telur satu per satu dan aduk hingga rata. Ingat cukup sampai rata saja ya.
  3. Tambahkan campuran tepung terigu, tepung maizena dan susu bubu secara bertahap dan aduk dengan menggunakan spatula hingga tercampur rata dan menjadi adonan. Ngaduknya nggak perlu dengan tenaga kuda ya Bunda, nanti kue nastarnya jadi keras.
  4. Ambil secukupnya adonan, pulung sebentar lalu pipihkan selebar koin seratus perak jaman dulu dan isi dengan bahan isian di tengahnya. 
    Cara membuat kue nastar
  5. Rapatkan lagi adonan hingga isian tertutup rapat. Pulung sebentar agar permukaan kue halus.
  6. Tata di loyang yang sudah dialasi kertas baking, beri jarak masing-masing adonan kue agar tidak saling menempel saat di panggang ya Bunda.
  7. Panggang di oven dengan suhu rendah, sekitar 150-160 DC hingga matang.
  8. Oles dengan bahan olesan dan panggang lagi sebentar saja agar kuning telur kering.
  9. Dinginkan dan siap dimasukin ke dalam toples lebaran kesayangan.



Tips:
Saat mengoles kuning telur, tunggu hingga nastar tidak panas lagi agar hasilnya bisa mulus tidak seperti rebusan telur.


- Mak Icik -


0

Selai nanas isian Nastar



Halo Mak say, assalamualaikum...

Alhamdulillah ya kita masih bisa ketemu lagi dengan bulan penuh berkah, Ramadhan.

Selama sebulan puasa, pastilah kita mengharapkan datangnya hari kemenangan tiba, bukan? Lebaran dengan segala rasa bahagia, kemenangan dan segala hiruk pikuknya. Kue, tentunya tidak pernah luput dari perhatian selain baju baru, iya kan?

Jaman saya kecil, salah satu moment Ramadhan yang paling ditunggu adalah membuat kue kering untuk suguhan tamu ketika lebaran tiba. Dan membuat selai nanas adalah babak pertama sebelum memulai eksekusi pembuatan kue yang sesungguhnya.

Selai nanas ini selain digunakan untuk isian Nastar, bisa juga digunakan untuk pemanis pada kue semprit atau mawar.
Jaman dulu, saat  kue Nastar masih menjadi kue kelas berat yang hanya mampu bertengger di rumah kalangan bangsawan saja, kue mawar atau semprit menjadi kue kebanggaan seribu umat, lho.

Nah buat Bunda yang juga lebih suka mengisi moment Ramadhan dengan membuat kue lebaran sendiri, yuk kita bikin sendiri selai nanas untuk isian Nastar yang legit.

Resep selai nanas isian nastar
Selai Nanas isian Nastar

Resep Selai Nastar yang Legit

(Resep diadopsi dari chef Thomas Law)

BAHAN:

  • 5 buah Nanas ukuran agak besar
  • 500 gram gula pasir
  • 3 batang kayu manis, @ seukuran jari telunjuk
  • 5 butir cengkeh

CARA MEMBUAT:

  1. Kupas nanas dan lumuri dengan garam kasar. Diamkan sebentar.
  2. Cuci bersih dan parut. Jika diblender hasilnya menjadi terlalu lembut dan kurang bertekstur.
  3. Masak nanas, kayu manis dan cengkeh hingga air nanas telah susut.
  4. Tambahkan gula, aduk rata dan masak hingga air habis dan selai berwarna golden brown.
  5. Selai siap digunakan.


Tips:
. Sebaiknya gula dimasukan pada sesi terakhir agar warna selai cantik dan tidak terlalu gelap karena proses karamelisasi gula yang terlalu lama.
. Jika digunakan untuk olesan kue, masak selai cukup sampai kekentalan yang diinginkan.
. Simpan selai nanas yang sudah dingin dalam wadah kedap, masukan dalam kulkas untuk masa penyimpanan yang lebih lama.


Simple bukan? Yuk bikin Bunda!


- Mak Icik -

5


SKIPPY Karamel Cookies


Apapun acaranya, selalu soal Makanan



"Main ke rumah temen , makan. Temen main ke rumah, makan

Masih ingat sama iklan yang beberapa waktu lalu mondar-mandir di hampir semua tayangan televisi itu?

Tapi memang begitu, sih. Iya kan?

Apa saya aja ya yang iya? Hahaha,

Secara umum, tradisi jamuan makan-makan itu pasti selalu ada di hampir setiap suasana, dimana pun negaranya.
Entah itu berupa jamuan makanan berat, atau hanya makanan ringan seperti kue-kuean. Lah, bukan kue beneran dong ya? Hihihi *hush, Fokus ya!

Kalau di rumah saya, camilan itu nyaris wajib selalu ada. Apapun itu bentuk dan rasanya.
Soalnya saya memang doyan ngunyah.

Nah kan ketauan. *Tepok jidat*

Misalnya gini, kalau orang lain umumnya roti tawar dan selai itu buat sarapan, iya kan? Atau buat bekal sarapan si kecil ke sekolah.

Kalau saya, pagi-pagi iya sih alasannya sarapan. Entar siangan dikit, alasannya enggak kuat ngupas bawang nih buat masak.
Belum sore sudah pengen lagi. Pengen lho ya ini, bukan lapar, beda.
Padahal itu belum termasuk "mengamankan" punya adek yang nggak habis lho ya.

Hihi,
Tahu dong ya sekarang, kenapa saya harus akrab sama Diet?

Soalnya saya suka kalap, jadi harus imbang ya biar nggak kebablasan. Nggak harus langsing sih, saya tahu itu hoax buat saya. Minimal nggak semodel sama karung beras lah.



• SKIPPY® Peanut Butter, bukan sekedar olesan roti tawar


Ngomongin lagi soal roti tawar dan selai, saya paling suka selai kacang. Dari dulu sih, dari jaman saya kecil. Saya emang pecinta kacang.
Kalaupun nggak ada roti tawar, selai kacangnya aja pun saya colekin sambil di emut-emut.

Duh, doyan ngunyah banget ya mak?
Iya ih.

Nah, daripada ngemutin selai gara-gara selalu kehabisan roti tawar, saya bikin deh cookies dari selai kacang. Bikinnya gampang dan bisa disimpan lama.

Cocok banget buat suguhan tamu, apalagi ini sudah mendekati hari raya. Pasti pada mulai sibuk rencana bikin kue kering apa, iya kan?

Yuk cek resepnya!

Sekedar informasi saja, untuk topping karamelnya saya bikin sehari sebelumnya, ya. Biar benar-benar dingin dan kental.
Salted Karamel ini bisa juga dipakai sebagai topping pancake, waffle dan lainnya.


Resep SKIPPY karamel cookies


• Resep SKIPPY® Karamel Cookies


BAHAN:

  • 100 gram Skippy Peanut Butter, chunky
  • 100 gram Mentega dan Margarin
  • 100 gram Gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 150 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sdt tepung maizena

Bahan Salted Caramel (penggunaan hanya 1/3 resep saja):
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdm Mentega
  • 125 ml susu cair
  • 1/2 sdm tepung maizena
  • 1 sdt garam

BACA JUGA: Cara Sederhana Membuat Salted Karamel Ekonomis


CARA MEMBUAT:

Salted Caramel:
  1. Campur susu dengan tepung maizena, sisihkan.
  2. Panaskan gula pasir menggunakan api paling kecil, hingga mencair dan berwarna coklat karamel. Hati-hati jangan sampai gosong, ya.
  3. Masukan Mentega, aduk sebentar.
  4. Tuang susu perlahan sambil diaduk. Hati-hati dengan letupan. Aduk hingga tercampur rata dan kekentalannya sesuai yang diinginkan. (Biasanya saat masih panas teksturnya lebih encer, saat karamel dingin teksturnya lebih padat).
  5. Masukkan garam dan aduk rata. Matikan api dan dinginkan.
  6. Bisa disimpan di toples kaca yang kedap udara.

Skippy Cookies:
  1. Kocok rata Skippy Peanut Butter, Mentega dan gula. Masukkan kuning telur, kocok rata.
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena sambil diayak.
  3. Aduk dengan sodet spatula.
  4. Pulung adonan bulat-bulat atau sesuai selera.
  5. Oven dengan api kecil, sekitar 150-160°C, selama 15 menitan. Beri topping karamel (motif sesuai selera), panggang lagi selama 10-15 menitan. *Sesuaikan dengan oven masing-masing ya.
  6. Dinginkan dan masukkan dalam toples.

Resep dan cara membuat SKIPPY Karamel Cookies
Step by step






Tips:
• Biasanya kue kering saat baru matang masih terasa lembek, tapi saat dingin si kue akan mengeras sendiri. Jadi hati-hati jangan sampai gosong ya, Moms.
• Jika bagian bawah Cookies sudah kecoklatan, biasanya berarti kue sudah matang. Atau saatnya dipindah ke rak bagian atas (otang).
• Jika memakai OTang, jangan lupa memindahkan ke rak bagian atas di 10-15 menit terakhir pemanggangan agar bagian atas kue juga kering dan matang.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.



- Mak Icik -


2

Bolu kukus coklat mekar


Bolu Kukus Coklat Mekar



Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh,

Ketika judulnya bikin bolu kukus mekar, tapi yang ada bolunya cuma meringis, itu mbuh lah sesuatu pokoknya. Dan itu terjadi saat saya bikinin punya orang. Kebayang kan keringet saya sebiji apa???

Dulu saya pernah dapet resep warisan leluhur (leluhurnya tetangga). Kalo yang bikin yang punya resep sih dijamin ya, enak dan menganga ketawanya, sumringah lah pokoknya lihatnya juga. Aseli bikin baper, bawaannya laper.

Eh pas ditangan saya, gak tau kenapa dia suka ngajak main-main. Padahal nih ya, resep udah sama plek, persis. Step by step nya juga persis kayak yang saya lihat.
Tapi kok ya kadang mekarnya cuma mesem-mesem kecut aja, sedih saya _(._.)_
Apa ada adegan lain ya pas saya meleng mantengin si tukang bolu kukus beraksi waktu itu (-.-;) hambuhlah...

Nah, kemaren saya nyobain resep brownies kukus mekar dari bukunya cici cantik #tintinrayner yang fenomenuk sejagat IG perbakingan. Aslinya sih udah sejak tahun jebot cookmark resep belio ini di Cookpad, tapi ya gitu, you know lah ya saya ini sibuk (sibuk makan aja).

Katanya resep ini anti gagal, dan praktek pertama saya emang berhasil mekar ketawa terbahak, Alhamdulillah.
Cobain yuk resepnya, simple gak pake soda.

Bolu kukus coklat mekar


Resep Bolu Kukus Coklat Mekar

Source: Tintin Rayner
Untuk 15 buah*


BAHAN A:

  • 200 gram gula halus (atau gula pasir yang diblender sebentar)
  • 2 butir telur sedang
  • 160 ml air
  • 1/2 sdt vanila (optional)

BAHAN B:

  • 200 gram tepung terigu serbaguna
  • 25 gram coklat bubuk ( sebaiknya gunakan yang kualitas bagus)
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 sdt baBaki Powder (saya pakai yang double act)

BAHAN C:

  • 10 gram Emulsifier (sekitar 1/2 sdm)

BAHAN D:

  • 25 gram chocochips
  • 1/2 sdt coklat essence (saya skip)

CARA MEMBUAT:

  1. Kocok bahan A dengan mixer kecepatan tinggi selama 5 menit.
  2. Masukkan bahan B dan kocok dengan mixer lagi selama 1 menit dengan speed paling rendah.
  3. Masukkan bahan C dan kocok dengan mixer kecepatan tinggi lagi selama 5 menit. Tekstur adonan akan menjadi kental setelah proses ini. Lihat gambar*
  4. Tambahkan coklat essence (jika menggunakan) dan chocochips, aduk rata dengan spatula. Cukup hingga rata aja ya gak perlu ngotot ngaduknya. (^o^)
  5. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dialasi dengan cup bolu kukus, tuang hingga penuh biar ketawanya sumringah ya. Kalo kurang penuh ntar cuma meringis doang (~_~;) zzzz khan.
  6. Kukus selama 15 menitan dengan api besar dan jangan dibuka tutup kukusan sebelum itu, ini penting karna akan bikin ambles.

Resep bolu kukus coklat mekar
Step by step


Tips:
* Panaskan kukusan hingga uap benar-benar penuh supaya merekah maksimal.
* Kukus adonan secukupnya aja dan beri jarak rapi agar masing-masing bolu mendapat uap yang cukup.
* Selalu cek air pada kukusan (terutama untuk kukusan kecil) secara berkala untuk menghindari gosong, dan sebaiknya cukup diisi 2 cm dari batas aja untuk menghindari air meluap dan membasahi pipi ini adonan, ini akan berpotensi bikin bolu kukus bantat di bagian bawah.
* Jangan lupa lapisi tutup kukusan dengan serbet untuk menghindari air menetesi bolu. Kecuali menggunakan kukusan khusus yang airnya menetes ke bagian pinggir.


Selamat mencoba semoga bermanfaat ya (^。^)



- Mak Icik -

4

Cheese cake

Cheddar Cheese Cake


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh,

Selamat hari senin semuanya... Senin itu hectic, senin itu riweuh, senin itu semrawut, katanya. Iya, mungkin dulu saya juga sering begitu. Tapi sejak saya stay di rumah ajah dan lupa kalo senin itu sibuk, saya jadi selalu inget kalo senin itu harus tetep mekenyem (^o^)

Mekenyem itu artinya tersenyum kalo dalam bahasa bali, *halah gaya, cuma ngerti mekenyem aja sok sok pake bahasa bali* hahaha, yasudahlah, intinya jangan lupa tersenyum ya...

Tentang bikin Japanese Cheese Cake itu sebenernya keinginan yang sudah lamaaaaa banget jadi wacana, iya wacana aja.
Jaman dulu, pas saya hanya hobi ngumpulin resep tanpa tau kapan akan tereksekusi dengan nyata, resep Japanese Cheese Cake ini sudah menghantui saya.
Eh pas saya baca, ada bahan namanya cream cheese, itu apaan? Whipped cream, apaan lagi? Apalagi steam bake alias bain marie, hmmm saya taruh resep seketika.

Yah gitu deh, saya dulu asing banget soal bahan kue, tehnik kue, bahkan nama kue meskipun rajin bikin kliping (((kliping))) resep. Sekarang juga belum paham betul sih, actually.
Tapi minimal udah pernah baca lah resepnya (bukan cuman diklipingin aja *tepokjidat*, jadi bisa lah ya agak congkak dikit, LOL

Kebetulan kemaren ada request-an temen, jadinya saya agak tertantang buat nyobain juga. Tapi teteup ya, saya bikin yang versi kawe aja, cheddar cheese cake, cheese cake ala emak-emak ngirit, yes.
Japanese Cheese Cake yang aslinya next time aja, xixixi


BACA JUGA: Resep Simple Cheese Cream Homemade


Cheese cake
Cheddar Cheese Cake


Japanese Cheddar Cheese Cake Recipe

Source: craftpassion.com 
Resep sudah saya edit sesuai dengan yang saya praktekkan

BAHAN:

Bahan A:
  • 125 gram Keju cheddar parut
  • 100 ml susu cair full cream
  • 30 gram salted butter (boleh mix margarin)
  • 3 butir kuning telur
  • 1 sdt parutan kulit lemon (boleh skip)
  • 30 gram tepung cake (protein rendah)
  • 10 gram maizena
Bahan B:
  • 3 putih telur (suhu ruang)
  • 1/2 sdm air jeruk nipis / 1/2 sdt cuka makan
  • 70 gram gula castor/butiran lembut (bukan gula halus ya)
***
  • Siapkan air panas, untuk tim adonan dan untuk steam bake

CARA MEMBUAT:

  1. Siapkan loyang ukuran 16 / 18 yg tinggi. Olesi dan beri kertas roti hanya pada bagian bawah saja.
  2. Campur keju dan susu cair, masak hingga keju leleh.  Masukkan mentega, aduk hingga meleleh. Matikan api.
  3. Masukkan kuning telur, aduk rata. Tambahkan parutan kulit lemon, aduk rata.
  4. Masukkan tepung sambil diayak, aduk rata. 
  5. Letakkan wadah adonan diatas panci berisi air panas, tujuannya agar adonan tetap hangat. Sisihkan.
  6. Panaskan oven api atas bawah 200°C.
  7. Kocok putih telur dan jeruk nipis hingga berbuih, masukkan gula bertahap dan kocok hingga soft peak aja. 
  8. Penting: saat mencampur kedua adonan, adonan kuning harus pada suhu suam kuku.
  9. Campur adonan putih ke kuning bertahap, aduk rata. Penting: aduk lipat secara perlahan aja untuk meminimalisir gelembung udara pada adonan yang bikin cake berpori besar (kayak punya saya, jangan ditiru ya! xixixi)
  10. Tuang adonan ke dalam loyang, sedikit hentakkan. Oven dengan tehnik au bain marie.
  11. Oven dengan suhu 200°C selama 15 menit pertama, kemudian turunkan suhu menjadi 160°C selama 30 menit berikutnya (atau hingga bagian atas cake golden brown).
  12. Matikan oven dan Biarkan cake di dalam oven sebentar agar cake tidak keriput. Keluarkan dan dinginkan cake.

**
Tehnik Bain Marie / steam baked: Siapkan loyang yang lebih lebar dan pendek. Beri handuk kecil atau serbet. Tuangi dengan air panas kira-kira 1 cm. Letakkan loyang berisi adonan diatasnya. Masukkan pada oven.


Resep cheese cake

Tehnik Au bain marie
Tehnik au bain marie atau steam baked

Tips:
* Kualitas keju cheddar yang digunakan akan mempengaruhi rasa ya Moms, jadi sebaiknya pilih yang kualitas bagus.

Cheddar cheese cake
Cheddar Cheese Cake


Biar kata ini cheese cake versi KW, tapi percayalah ini tetap cake keju yang enak dan ekonomis. Ngeju dan lembyutttt banget.
Terima kasih sudah mampir ya, ikuti dan subscribed untuk dapetin resep simple lainnya.
Boleh nanya di kolom komentar dan Selamat mencoba (^o^)


- Mak Icik -

2

Red velvet cake

RED VELVET CAKE


 Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh

Dari kapan lalu udah ngebet banget pengen bikin kue ini, tapi ya gitu, mager mengalahkan segalanya.
Bahkan hipnotis dari si merah yang sejak awal sudah menggoda saya ini pun tidak berhasil melumpuhkan ke-mager-an saya waktu itu.

Well, sudah cukup ya intro tentang ke-mager-an saya, hehehe.
Akhirnya pas bolak-balik saya baca resep red velvet ini, dan dari banyak sumber, sepertinya saya mulai ragu dengan pewarna yang harus menghabiskan sebotol, WOW! 

Kalo baca sedikit sejarahnya sih, red velvet cake ini menggunakan buah bit sebagai pewarna merahnya, ya. Yang konon alasannya karena terlalu melimpah ruah-nya si buah bit ini, akhirnya menginspirasi si koki untuk bikin cake dengan si buah bit dan menghasilkan si Red yang so sexy.
Hmmm, saya gak tau cerita persisnya sih. Saya hanya pernah baca sekilas begitu. Oke, skip aja ya sejarahnya daripada saya salah nyampeinnya, hehehe.

Balik ke si buah bit, kan saya bakalan susah itu ya nyarinya, dan kayaknya riweuh, jadi saya memutuskan pakai pasta Red Velvet aja.
Karena menurut hemat saya, kalo sudah bentuk pasta kan nggak mencolok semena-mena di depan mata ya pakai pewarna makanan sebotol utuh, ini masih WOW banget soalnya buat saya (^o^), WOW (lagi) aja lah pokoknya.

Resep asli menggunakan takaran cup ya, saya konversikan ke gram biar lebih gampang aja, hehehe.

Red Velvet Cake
Slice of Red Velvet Cake

Resep Red Velvet Cake

Source: bettycrocker.com (little edited by me)


BAHAN:

  • 350 ml minyak sayur
  • 250 ml Buttermilk** atau diganti Yogurt plain
  • 2 butir telur
  • 1 sdt vanilla extract
  • 1/2 sdt Baking soda
  • 1 sdt garam
  • 300 gram Gula pasir
  • 1 sdt coklat bubuk
  • 330 gram Tepung terigu serbaguna
  • 1 sdm pasta Red Velvet (resep asli menggunakan pewarna merah 1 oz (sekitar 30 ml)

CARA MEMBUAT:

  1. Panaskan oven 200°C. Siapkan dan oles 3 loyang ukuran 22 cm / 9".
  2. Kocok rata: minyak, buttermilk, telur, vanilla, BS, dan garam. (Bisa dg mixer speed sedang atau whisker jg OK). Masukkan gula dan aduk rata lagi hingga gula hancur.
  3. Tuang pasta, coklat bubuk dan tepung sambil diayak agar mudah larut, aduk rata.
  4. Bagi adonan jadi 3 dan tuang ke loyang masing-masing. Hentakkan untuk membuang gelembung udaranya.
  5. Oven selama 15 menit atau hingga matang. **Jika mau dibikin utuh tebal, oven dengan suhu sedang sekitar 30-35 menitan.
  6. Dinginkan cake dan siap di frosting.


Klik disini: Resep Simple Cheese Frosting


**
Buttermilk Homemade:

  • 250 ml susu cair full cream
  • 1 sdt cuka atau 1 sdm air jeruk nipis
Cara membuat: campur bahan dan aduk rata. Diamkan 10 - 30 menit. (Nanti susu akan mengental). Buttermilk KW siap digunakan.



Red Velvet Cake
Red Velvet Cake

- Mak Icik -

0

Eggless Banana Nugget

Eggless Banana Nugget



Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh...

Halo Bunda, gimana kemaren liburan akhir tahunnya? Kalau saya sih gak ada liburan akhir tahun, awal tahun, ataupun tengah tahun. Saya mah everyday is holiday, eh.
Hehe, khan kalo di Bali katanya mister Joger begitu.

Eniwe, saya lagi punya demenan baru nih, tapi masih trial error, ya, namanya juga masih baru.
Jadi kemaren itu lagi iseng download aplikasi editor video gitu (halah, download yang FREE aja dipamerno mak. Plak!), gara-gara nya juga pas kapan lalu lagi baca newsletter tentang dunia blog di tahun 2018 yang bakalan lebih banyak mengusung tema vlog, video content. Nggak ada salahnya juga khan dicoba, itung-itung nemu hobi baru, masih anget, jadi masih semangat.

Buat saya, video content ini lumayan riweuh, ya. Mengingat saya nggak punya peralatan yang cukup memadai, dan juga someone yang bisa assist saat pengambilan video, ditambah anak bayik saya yang suka ngrecokin si emak. 

Kalau untuk pengambilan gambar tak bergerak sih sejauh ini masih dalam kategori lumayan aman lah,  ya. Meskipun bolak-balik juga gagal foto gara-gara si object mendadak dijarah sama si baby girl, hahaha.

Tapi, untuk video content ini, buat saya masih harus buanyakkkk belajar dengan segala keterbatasan dan ilmu otodidak. Dimana saya harus memasak sekaligus pegang hempon untuk merekam step by stepnya. Goyang dan 'agak' berantakan itu pasti, jadi maafkan ya kalo videonya masih sangat amateur, tapi percayalah hanya dirimu paling mengerti semua perjuangan dari pengambilan gambar hingga proses editing ini saya suguhkan dengan segenap hati. Eaaaa.


Resep Nugget Pisang tanpa Telur


BAHAN:

  • 500 gram Pisang ambon
  • 60 gram gula pasir
  • 60 gram keju cheddar parut
  • 1/4 sdt garam
  • 65 ml santan instant (bungkus kecil)
  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sdm tepung beras (optional)
Bahan celup dan pelapis:

  • Secukupnya tepung + air + sejumput garam
  • Tepung panir / bread crumbs
____
  • Minyak untuk menggoreng


CARA MEMBUAT:


  1. Lumatkan pisang dengan garpu/chopper
  2. Campur dan aduk rata semua bahan kecuali bahan lapisan. 
  3. Tuang ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan daun pisang / aluminum foil. *Boleh sih pakai plastik kalau gak worries, hehe.
  4. Kukus adonan selama 25 menitan.
  5. Dinginkan lalu potong-potong sesuai selera. *Sebaiknya jangan terlalu tebal.
  6. Lumuri potongan nugget dengan adonan pencelup hingga rata. *Tingkat kekentalan silahkan cek di video.
  7. Gulingkan adonan ke dalam bahan pelapis hingga rata. Diamkan di kulkas minimal 1 jam.
  8. Goreng Nugget Pisang dengan minyak panas dan api sedang agak kecil hingga kuning kecoklatan.
  9. Tiriskan dan beri topping sesuai selera.

Cara membuat pisang nugget
Step by step membuat nugget pisang

Video step by step:



- Mak Icik -


4

Imutnya si iue manja yang unyu-unyu

Imutnya si Kue Manja yang unyu-unyu


Kue Manja, itu kue apa?

Jujur, saya baru tahu kue ini kemaren lalu dari postingan salah satu temen di beranda Facebook saya. Awalnya saya pikir itu hanya self-caption nya dia aja, mengingat sang pemilik akun sepertinya juga masih muda (kayak saya, wkwkwk).  
Dan kemaren saya lihat postingan serupa dari si pemilik akun yang sama, sepertinya memang untuk dijual, karena seringnya kue itu diposting berulang.

Dalam keadaan perut yang kekuruyukan, saya akhirnya mendadak kepincut sama penampilannya yang aduhai unyu-unyu itu. Sebenarnya kalau dalam keadaan perut keroncongan seperti itu, penampilan makanan apapun pasti bikin ngiler, ya kan? Tapi serius, seketika saya langsung kepincut sama keunyu-unyuannya itu.

Sambil menenteng rasa penasaran tentang siapakah si "kue manja" ini, sambil garuk-garuk kepala, ealah ternyata dia sudah hits, tho? Saya ini emang payah soal ke-update-an kue yang sedang naik panggung, haha *tepokjidat.

Dari sekian panjang daftar postingan resep tentang si Kue Manja yang muncul di hasil pencarian, hampir sembilan puluh persen menambahkan nama 'Yunda Yun' sebagai attribute pemilik resep atau yang mempopulerkan resep si Kue imut-imut ini.


siapa sih Yunda Yun?

Kepo ya saya? Iya dong, kan ini menyangkut sejarah kepopuleran sebuah kue yang harus dicatet. Hihi.
Saya sih belum pernah kenalan ya, apalagi kenal deket (ih, siapa eloh? Ngaca mak ngaca!). Hahaha, saya mah apah atuh, cuma telenan butut, huffttt.
Tapi saya sempet ngepoin tadi, siapa itu Yunda Yun?

Yang sempet saya kepoin cuma Facebook nya aja ya, itu pun hanya sebatas dari postingan publik. Karena secara resmi saya belum berteman dan belum berani meminta pertemanan dengan beliau, keder cyinn! Soal beliau punya akun sosial media yang lain saya belum sempet searching-searching lagi ya jadi mohon maap.

Di akun Facebook tersebut, kebetulan postingan tentang si Kue Manja beliau yang buming ini tidak di private alias bisa dibaca publik.
Dalam captionnya, pemilik akun yaitu Yunda Yun Kitchen tidak menginfokan secara detail soal asal-usul si Kue Manja nya. Dalam postingan tersebut beliau hanya menulis kalau si Kue Manja ini adalah sejenis martabak manis atau terang bulan yang diberi topping sarikaya, aslinya. Namun beliau menggunakan topping sarikaya dan selai stroberi, seperti yang ditampilkannya dengan foto hasil kreasinya itu juga, unyuk sekali.

Kue manja topping selai stroberi
Kue manja dengan selai stroberi

Tapi yang sudah beredar di media sosial, internet dan aplikasi memasak, postingan re-cook dan re-share resep oleh temen-temen lain yang sudah mempraktekannya, topping-nya sudah berubah mengikuti selera masing-masing yang kebanyakan menggunakan meses dan parutan keju Cheddar.
Hasilnya juga lucu-lucu kok, apalagi dengan variasi warna-warni yang eye catching, jadi makin greget saya pengen segera nyobain. Ayo deh langsung aja kita beber tikernya resepnya.

Kue Manja yang unyu-unyu
Kue manja dengan varian topping dan warna yang eye catching


Resep Kue Manja


BAHAN:

  • 150 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt Baking Powder double acting
  • 1/4 sdt Baking soda
  • 1/4 sdt extract vanilla, optional.
  • 1 sdm margarin/butter (lelehkan), resep aslinya menggunakan 1 sdm minyak sayur
  •  250 ml air


CARA MEMBUAT:


  1. Campur semua bahan kering jadi satu, aduk rata.
  2. Masukkan air sambil diaduk menggunakan balon whisker, masukkan telur dan aduk rata. Masukkan margarin leleh/minyak dan extract vanilla, aduk rata hingga licin dan tidak bergerindil lagi.
  3. Saat mengaduk sebaiknya sambil sedikit ditepuk-tepuk ya, tujuannya untuk memasukkan udara yang bikin kue bersarang cantik nantinya. Tips ini juga berlaku untuk semua jenis kue (pan) yang butuh penampilan sarang yang cantik.
  4. Jika ingin kue yang berwarna-warni bisa ditambahi pewarna atau pasta rasa. Diamkan adonan selama sepuluh menit agar si tentara baking-baking bekerja.
  5. Panaskan pan anti lengket atau teflon, tidak perlu diberi minyak atau margarin atau sejenisnya ya, karena itu hanya akan bikin kulit kue belang bonteng.
  6. Pastikan cetakan atau teflon sudah benar-benar panas agar adonan bisa mengulit sempurna.
  7. Tuang satu sendok sayur adonan dan biarkan hingga matang dan berlubang-lubang. Angkat.
  8. Beri susu kental manis dan topping diatasnya (jika menggunakan meses/keju), atau langsung tambahkan topping sarikaya/stroberi atau selai apa aja sesuai selera. Lalu lipat kue dengan bantuan spatula selagi kue masih panas. Lakukan hingga adonan habis.
  9. Selesai.


Step step kue manja

Step step kue manja


Tips:
• Sebaiknya gunakan selai yang berkualitas bagus agar rasa kue yang sudah enak tidak tergangu, pengalaman kemaren beli selai yang nggak jelas rasanya jadi kacau.• Dan sebaiknya tambahkan selai secukupnya saja agar tidak eneg.


Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Kue manja



- Mak Icik -

11

Roti maryam

Roti Maryam a.k.a Roti Canai


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh,


Saya pertama kali kenal roti maryam itu pas jaman baru kerja. Aseli, saya nggak ngerti dan baru denger soal roti maryam ini. Saya ini orang kampung, dan nggak kenal dunia perkulineran, apalagi wisata kuliner, haha.

Jadi gini, ceritanya ada warung yang baru di buka di kampung saya, nah pemilik warung ini adalah pensiunan TKI yang pernah kerja di Arab selama bertahun-tahun.
Mumpung baru gajian, mampirlah saya ke warung itu sama temen-temen. Ya itung-itung reward lah buat diri sendiri ngrasain manisnya gaji pertama, gitu ceritanya.

Di buku menunya terpampang nyata si roti maryam ini. Awalnya sih saya bingung bin ragu-ragu mau pesen apa enggak, ya secara pesenan udah banyak nih di meja. Tapi karena rasa penasaran saya lebih tinggi, yaudah saya putusin buat pesen menu itu juga. Toh belum tentu juga gajian bulan depan bakalan foya-foya gini, haha.

Singkat cerita, saat itu saya merasa kurang cocok dengan si roti maryam-nya. Entah karena racikannya yang kurang pas di lidah saya, atau karena saat itu posisi perut saya sedang overload alias kekenyangan, (ssttt ini jangan ditiru ya!). Yang jelas, saya hanya ngerasain susu kental manis sekaleng diatas tepung, udah itu aja.

Setelah saya hijrah kerja dan tinggal di Bali, baru saya beneran kenalan sama roti canai a.ka roti maryam yang enak dan pas di lidah saya. Tapi yang saya temuin disini versi canai ya, dimana si roti dimakan sama kuah kari ayam. Berbeda dengan roti maryam yang konon dimakan dengan topping manis, seperti susu kental manis.

Nah, waktu hamil anak kedua kemaren, saya pengennnn banget makan si roti canai ini. Mau beli, tempatnya jauh banget sama tempat tinggal saya sekarang yang lumayan agak ngampung, ssttt. 
Tapi karena saking ngilernya, daripada anak saya ngileran, ya khan? Akhirnya nyari deh resep di Internet dan Cookpad.

Saya lupa sumber aslinya dari situs apa, sepertinya sih ini resep yang saya gabung-gabungin. Alasannya sudah jelas, menyesuaikan bahan yang ada, hahaha.

Dengan berpegang teguh pada the power of emak-emak, sambil sakit punggung lho ini waktu saya bikin pertama kali, Alhamdulillah sih rasa tidak mengecewakan ya, buat saya , hohoho 😂 dan jadi resep andalan biarpun sederhana.

Resep Roti Maryam simple


BAHAN:
  • 400 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur (dikocok lepas)
  • 150 ml air hangat suam kuku
  • 50 gram margarin / butter / ghee (mentega india)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya minyak untuk rendaman
  • Secukupnya margarin / butter untuk olesan
  • Topping sesuai selera


CARA MEMBUAT:

  1. Campur tepung, telur, gula, garam dan margarin. Aduk rata hingga berbutir-butir. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Jika dirasa air sudah cukup stop aja nggak perlu dihabisin.
  2. Uleni adonan hingga kalis. No worries ya, adonannya gampang kok ulenannya, nggak seberat adonan donat atau roti.
  3. Bagi adonan dan bentuk bulat. Saya biasanya jadi 8 buah.
  4. Rendam adonan dengan minyak goreng (pakai minyak baru ya, jangan pakai yang bekas, apalagi bekas goreng ikan asin haha). Diamkan 1 - 3 jam.
  5. Pipihkan adonan hingga benar-benar tipis dan lebar. Olesi dengan margarin tipis-tipis di seluruh permukaannya.
  6. Lalu gulung memanjang dan bagus*
  7. Gulung lagi masing-masing ujung berlawanan sehingga membentuk huruf S (lihat di gambar).
  8. Tangkupkan kedua bagiannya hingga membentuk spt konde, sambil sedikit ditekan biar ga jatuh kondenya ya, wkwkwk. Lakukan hingga adonan habis.
  9. Pipihkan adonan, bisa dengan telapak tangan. Sebaiknya jangan terlalu tipis agar layer rotinya tidak hilang.
  10. Panggang diatas pan yang sudah dipanaskan dengan api kecil aja ya bunda biar gak gosyong 😁 lalu balik kalo satu sisi udah kuning kecoklatan. Lakukan hingga kedua sisi matang. Letakkan diatas daun pisang untuk menambah aroma wangi... Boleh diabaikan.
  11. Siap disantap dengan topping sesuai selera. Foto diatas saya hanya pakai susu kental manis dan stroberi. Bisa diganti dengan keju/madu/ kuah kari seperti canai.


Step by step roti maryam

Step by step roti maryam


Note:
• Sepengalaman saya, kalau terlalu laman proses perendaman, adonan akan melar seperti karet dan susah dibentuk. Sedangkan proses perendaman yang terlalu sebentar, akan membuat adonan kurang lentur dan gampang robek. Ini menurut saya aja sih, saya juga belum banyaj pengalaman, hehehe abaikan kalo saya salah 😁• Gulungan yang bagus adalah gulungan yang rapi dan banyak. Hal ini akan menghasilkan lapisan yang bagus nantinya. Jadi kalau hasilnya kurang berlapis biasanya gulungannya yang masih kurang keceh 😁 atau waktu gilasan terakhir terlalu tipis.

- Mak Icik -

0

Brownies kukus nangka

Brownies Kukus Nangka


Assalamualaikum Bunda,

Kalo sebelumnya saya pernah posting bolu kukus chocolatos nangka a.k.a Steamed Chocolatos Jackfruit Cake, yang di gara-gara-in sama petualangan jajan "BrowJack" alias Brownies Jackfruit atau Brownies Nangka ke Car Free Day sebelumnya. Kali ini saya coba bikin yang mirip banget sama versi aslinya.

By the way, saya coba sedikit lurusin ya. Brownies yang sebenernya adalah cake padat coklat panggang yang kurang mengembang sempurna, jadi bukan kue bantat yang 'realy' bantat ya, catet! Dan juga bukan bolu kukus yang nyoklat banget, ini tidak benar.

Judul saya disini hanya mengikuti keyword yang ngetren di Indonesia aja, yang menyebut bolu coklat kukus dengan Brownies Kukus. Jadi biar pembaca mudah menemukannya. Tapi sekali lagi, Brownies Kukus is not "Brownies" yang sebenernya, so buat yang belum paham biar nggak ikutan salah kaprah, yes.

BACA JUGA: Resep Steamed Chocolatos Jackfruit Cake


Oke, jadi paham ya Brownies Kukus disini adalah bolu kukus coklat. Langsung aja yuk cuss resepnya.


Resep Brownies Kukus Nangka


BAHAN:

  • 3 butir telur
  • 120 gram gula pasir butir halus
  • 1 sdt emulsifier
  • 1/4 sdt Vanilin (optional)
  • 1/2 sdt Baking Powder
  • 80 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sdm peres coklat bubuk
  • 50 gram Dark cooking chocolate (DCC)
  • 50 gram Nangka matang
  • 90 ml minyak makan/goreng / diganti 100 gram margarin leleh


CARA MEMBUAT:

  1. Lelehkan DCC dengan 60 ml minyak goreng. Sisihkan.
  2. Blender kasar Nangka matang dengan 30 ml minyak goreng. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga kental berjejak. Kecilkan speed, tambahkan vanillin.
  4. Masukkan tepung dan BP sambil diayak, aduk rata.
  5. Sisihkan adonan 1/3 bagian, tambahkan dengan nangka, aduk rata, sisihkan.
  6. Tambahkan coklat bubuk pada adonan yang 2/3 tadi, aduk rata. Masukkan coklat leleh dan aduk balik dengan spatula.
  7. Tuang 1/2 bagian adonan coklat ke dalam loyang loaf. Kukus selama 15 menit. Tuangi diatasnya dengan adonan nangka, kukus lagi 15 menit. Terakhir tuang adonan coklat yang tersisa diatas adonan nangka, kukus selama 25 menit.
  8. Angkat dan keluarkan dari loyang.
  9. Dinginkan baru dipotong atau diberi topping sesuai selera.
Step by step Brownies Kukus Nangka



Tips:
• Sebaiknya gunakan coklat yang kualitasnya bagus, karena ini sangat berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan. 
• Panaskan kukusan terlebih dahulu hingga uapnya banyak.
• Kukusan harus dilapisi serbet agar air tidak menetes, kecuali menggunakan kukusan khusus yang meng-klaim tidak meneteskan uap air ke tengah.
• Kukus dengan api kecil saja agar bolu tidak pecah atau bergelombang.

Selamat mencoba semoga bermanfaat y...

Brownies Kukus Nangka
Brownies Kukus Nangka



Salam coklat,
- Mak Icik -






2

Top Search

New Entry

design by Helplogger

Related post

Author



Saya bukan good writer, juga bukan good blogger, apalagi baking master,,, saya hanya emak-emak berdaster yang sering lupa kalo umurnya udah tua dan anaknya udah dua
(^。^) 

Yuk kenalan disini






"Berbagi-lah hal yang bermanfaat untuk orang lain meski itu kecil, Insya Allah akan memberi manfaat lebih untuk mu meski itu kelak"

- Sera Wicaksono -

Community