Mencicipi Jajangmyeon di K-Mie Bali


Ngebahas urusan K-Drama pastilah selalu ada kuliner khas negri gingseng ini. Entah itu makanan khas daerah, makanan tradisional, makanan jaman kerajaan hingga jajanan kekiniannya.
Bagaimana dengan Jajangmyeon?
Dari K-Drama atau K-Movie mana nih yang mengangkat makanan ini?

jajangmyeon


Cerita hallyu dari Korea

Setiap kali ngebahas kuliner asal Korea, selalu tak pernah lepas dari urusan K-Drama dan sederet Hallyu lainnya. Karena kuliner Korea yang mewabah dan menjangkiti masyarakat kita –termasuk saya- juga adalah bagian dari Hallyu itu sendiri.


Hallyu (한류) atau Korean Wave adalah sebutan untuk gelombang tersebarnya budaya Korea secara besar-besaran dan mendunia sejak tahun 1990an (sumber: wikipedia).


Kedahsyatan dari Hallyu ini tak lepas dari kepopuleran K-Pop dan K-Drama yang tak bisa dipungkiri memiliki andil besar dalam persebaran budaya Korea atau Hallyu itu tadi.

Beberapa Hallyu yang menjangkiti masyarakat kita adalah keinginan belajar bahasa Korea yang tiba-tiba setelah menonton Drama Korea, keinginan makan makanan Korea juga tentunya, termasuk mie instant ala Korea yang dimakan sepanci-pancinya itu, xixixi.

Terus yang juga seneng banget bisa foto pakai baju hanbook (ngomong sama kaca), itu bagian dari jangkitan Hallyu juga.

Bahkan sangking hallyu-nya, sampai bikin banyak para gadis belia yang suka halu dan mendewakan K-Pop star pujaan mereka.
Ini jujur ada di sekitar saya sendiri lho, karena kebetulan adik ipar sepupu saya begitu.

Ceritanya pas ultahnya si siapalah itu artis K-Pop pujaannya ulang tahun, dia dong beli kue ultah terus ditiup-tiup sendiri bareng gambarnya si star sambil ucapin happy birthday.


*Duhh Gusti, jangan ditiru ya adek-adek cantik dan sholeha semua*


Suka K-pop dan K-Drama boleh, suka dengan ketampanan dan kecantikan mereka juga boleh. Saya pun demikian.

Pengen belajar bahasa Korea itu nggak salah kok, karena pasti ada manfaatnya. Kepo pengen nyicipin makanan Korea juga nggak dosa selama itu halal.

Tapi…

Kalau sampai lupa jati diri hingga mendewakan para artisnya, itu yang nggak perlu ya dear sholeha.


Well…
Ngomongin lagi urusan makanan Korea, sadar nggak sih kalau setiap Drama Korea yang kita tonton pasti akan mengangkat minimal satu jenis makanan asal negaranya?

Entah itu makanan tradisional jaman kerajaan, entah itu makanan rumahan sehari-hari atau jajanan kekiniannya pun tak luput dari naskah dan latar belakang yang akan disorot.

Bahkan, fast food sejenis burger pun, kalau sudah muncul di Drama Korea pasti bikin kita ngiler.
*Yang sering nonton drama Korea, ngaku deh! #samakita*

Sebutlah Subway Sandwich, burger berbentuk panjang yang menurut saya masih saudaraan sama Roti John itu, asli bikin saya suka laper tiap lihat adegan makan makanan ini.
*dasar guwe aja yang doyan makan kali ya, upss*

Etapi kali ini saya bukan mau ngebahas si sandwich panjang itu ya gaes, kita bahas si mie hitam bernama Jajangmyeon aja yuk.




Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah mie dengan bumbu berwarna hitam dari pasta kedelai hitam.
Tapi bukan kecap manis ya shay, beda ya cinta, meskipun ternyata rasanya ada mirip-mirip ada kecap manisnya.
*yaiyalah, kan kecap juga dari kedelai hitam yang saya besarkan seperti anak saya sendiri*

Resep asli yang pernah saya baca sih ada irisan kentang di dalam bumbunya yang kental itu, yang membuat saya semakin penasaran ingin mencicipinya.

Sayangnya, pas kemarin berkesempatan mencobanya di salah satu kedai Mie Korea yang ada di Denpasar, si kentang diganti sama labu jepang. Eaaa, mamak sedikit cum kecewa kisanak.


k-mie bali
interior warung K-mie Bali

K-Mie Korean Noodle Bali

Jadi pas itu iseng lewat di jalan tukad Barito, Denpasar.
Tetiba pandangan saya langsung nancep sama Neon Box gede bertulisakan K-Mie.

Insting aja sih, kalau depannya sudah K- insyaaAllah ada aroma Korea nya.

Ehh bener,
pas kami putar balik dan mampir untuk baca bener-bener tulisannya, ada tulisan Korean Noodle.

Ajib! Ini nih yang guwe cari, batin saya.


Saat kami datang suasana warung masih sepi, karena baru jam 10 pagi sekian menit.

Kata si ahjussi setengah oppa empunya warung, mereka baru buka jam 11 nanti, jadi mohon bersabar jika agak lama proses memasaknya.
Begitu.

Mmm, wait!
Saya bingung mau nyebutnya lho, kalau saya bilang warung, ini bukan seperti sebutan warung pada umumnya karena lebih berkelas.

Tapi kalau saya sebut restoran, tampaknya belum semewah sebutan restoran juga.

Nah bingung kan?

Baiknya tetap saya sebut warung saja ya, warung Korea. Ehhe~


Oke, balik lagi ke si oppa, ehh ke pesenan Jajangmyeon tadi.

Saya hanya pesan satu porsi untuk take away, mengingat bang bveveb udah harus balik kerja, yekan. 

Tentunya karena mahal juga bokk, jadi beli satu aja buat incip-incip manja si emak yang ngebet banget makan nih mie item. *hehe.

take away
kemasannya pakai kemasan eco-green ya,
makanya harganya mahal

First Impression

Bayangan saya pas lihat oppa Lee Je Hoon dalam Film Korea Paparotti, jajangmyeon ini pasti gurih legit, karena penampakan bumbunya terlihat kental memikat.

Dan iyes!
Yang saya cicipi kali ini pun demikian, manis dan gurih yang melted di mulut bareng mie. Hmmm kesukaan saya banget ini.

Penampakannya memang terbilang, ‘mblekthek’ kalau kata orang jawa. Tapi justru makanan 'mblekethek' itu yang seringnya saya suka, meskipun tidak disukai keluarga saya lainnya.

Sayangnya, karena si miss kentang diganti nona labu jepang, jadinya seperti belum sempurna aja. Dan lagi, karena rumah saya di Tabanan yang nyampe rumah setidaknya butuh waktu sejam, walhasil si mie udah dingin dan mengkotak.

Padahal saya yakin soal keotentikan ini sudah otentik banget. Karena si ahjussi oppa empunya rang asli Korea.
Impor bokk impor.


Overall, 
meskipun begini dan begitu, ini enak dan saya suka.
Plus, bang ahjussi oppa nya juga ramah banget.


Repurchase?
insyaaAllah kalau ada rejeki lebih mau nyobain menu lainnya, hehe.

atau barangkali ada yang mau mentraktir saya?


jajangmyeon



Masakan Korea lainnya yang saya suka: Kimchi Pancake - Kimchi Buchimgae


Menu dan Harga

Pilihan Menu yang ada antara lain;
  • Jajangmyeon: 29K (saat saya beli masih di harga 27K kalau gak salah)
  • Jampong: 30K
  • Ramyeon: 20K + 3K jika nambah telur
  • Mandu: 15K per 3 pcs.

Semua menu insyaaAllah halal, ya gaes. Begitu klaim sang empunya.


Pengen nyobain juga?

Langsung datang ke lokasi, yuk. bisa juga dengan layanan GoFood.


map
Map Lokasi K-Mie Bali

Lokasi:

K-Mie Korean Noodle
Jl. Tukad Barito Timur no. 101
Denpasar

Jam Buka: 11 am – 9 pm






Post a Comment

0 Comments