Cara Membuat Pastel a.k.a Kroket Singkong Teri khas Kalimantan Barat

cara membuat pastel a.k.a kroket singkong teri khas kalimantan barat


Pastel Kroket Singkong Teri khas Kalimantan Barat


Pastel-Kroket dan Putussibau


Dulu, saya pernah lho terdampar di kota kecil bernama Putussibau, Kalimantan Barat. Cerita sedih sih kalau mau dicritain secara keseluruhan, so saya nggak mau cerita bagian sedihnya.

Ngomongin soal Putussibau, meskipun banyak cerita sedih buat saya, tetep aja kadang saya suka kangen lho ke tempat ini. 
Sayangnya, jauh nya itu lho ya bokkk, nggak nguwatin cyin. Syuper extra butuh waktu dan tenaga plus kesabaran buat bisa nyampe ke tempat ini.

Ihh lebai banget sih mak. Hehe.

Buat yang pernah ke Putussibau, atau asli putussibau pasti tahu deh. Semoga sekarang sudah lebih mudah akses menuju kesana ya.

Soal kenangan nih, saya sih biasanya nggak jauh sama urrusan perut yak, xixixi. Kenangan saya sama Putussibau yang nggak terlupa itu sama pastel isi singkong dan teri, kalau saya nggak salah sih sebutannya Kroket.

Tapi kroket yang ini beda ya gaess, jangan bayangin kroket yang digoreng dengan tepung panir itu, bukan yes. 
Kroket di Putussibau kalimantan barat ini mirip sama pastel, bedanya ada di isiannya, yaitu singkong kukus yang dihaluskan dan dicampur dengan ikan teri goreng.

Yang bikin kangen lagi itu, cocolan sambalnya.

Penasaran? Yuk ah langsung cuss resepnya.




Pastel Singkong khas kalimantan barat 


***

RESEP KROKET SINGKONG TERI KHAS PUTUSSIBAU

BAHAN:

Bahan Kulit:

  • 500 gram Tepung terigu
  • 50 gram Margarin
  • 50 gram Flake Pastry (korsvet)
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt baking soda
  • 200 ml air (penggunaan menyesuaikan)

Cara membuat kulit: 

  • Campur semua bahan dan uleni hingga membentuk adonan. Sebaiknya masukkan air sedikit demi sedikit hingga tekstur adonan pas *tidak terlalu benyek ataupun kering.

 Bahan Isian:

  • 500 gram Singkong kupas
  • 1 genggam teri kering yang bagus
  • Bumbu halus:
  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt merica bubuk
  • Secukupnya gula dan garam

Cara membuat isian:

  1. Kukus singkong hingga empuk, tumbuk selagi panas agar lebih mudah. Sisihkan.
  2. Goreng ikan teri dan tumbuk kasar. (lebih bagus jika dibuang bagian kepala teri). Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan teri dan singkong, tambahkan sedikit air dan aduk rata.
  4. Masak hingga bumbu meresap. Koreksi rasa dan dinginkan.


Sambal Rawit: Haluskan atau blender cabe rawit merah, gula, garam dan sedikit air matang. Tambahkan sedikit perasan air jeruk limau.

Abaikan isian teri yang masih utuh dan melotot ke kamera, maklum si emak numbuknya ogah-ogahan, hehe

***

CARA MEMBUAT PASTEL:

Gilingan Manual:

  1. Bagi adonan menjadi bagian kecil2, kira-kira 25-26 pcs untuk ukuran sedang.
  2. Giling masing-masing bulatan kulit pastel kira-kira setebal 1 mm, dikira-kira aja ya, kalau terlalu tipis akan mudah robek. Sesuaikan juga dengan lebar yang dibutuhkan. Biasanya saya, kira-kira diameter 10-12 cm.
  3. Isi kulit pastel dengan bahan isian.
  4. Lipat kulit pastel hingga membentuk setengah lingkaran dan isi tertutup.
  5. Rekatkan bagian sisi-sisinya dan cubit lipat hingga rapat. Lakukan hingga habis.
  6. Goreng dengan api sedang hingga coklat keemasan. Tiriskan.

 Dengan alat gilingan mie:

  • Giling adonan kulit hingga mencapai ketebalan no 5-6. Saya sih biasanya no 6. Lebar kira-kira 10-12 cm. Potong bulat-bulat dengan cetakan/tutup gelas besar. Isi masing-masing dengan bahan isi, lanjutkan seperti  no 4-6 diatas.

Jika menggunakan cetakan pastel: 

  • Letakkan sebagian kulit pastel yang sudah digiling tipis tadi di atas cetakan pastel, beri isian ditengahnya, dan lipat cetakan sambil sedikit ditekan agar rapat. Lakukan hingga habis baru digoreng seperti contoh diatas.


Hidangkan dengan cocolan sambal rawit.

Happy Baking ^o^





Post a Comment

6 Comments

  1. Huuaahh aku ngecess.... Belum pernah Icip pastel seperti inii.... Thank you resepnya mbak...

    ReplyDelete
  2. rasanya krispi macam pastel Malaysia (karipap) ya, mbak?
    soalnya ada pakai kosvet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo baru mateng mungkin iya... kulitnya, hehe. tapi keseluruhan sih enggak krispi karena isinya padat. saya pakai resep kulit pastel biasa makanya pake korsvet,
      takaran korsvet bisa diganti margarin.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....