Resep Zebra Cake dengan Memanfaatkan Putih Telur Sisa Baking


 Putih Telur adalah cairan putih atau albumen yang terkandung di dalam sebuah telur. Terdiri dari 10% protein terlarut air. Selain termasuk dalam makanan rendah kolesterol, dalam setiap 100 gram putih telur hanya memiliki kalori sebesar 51 Kcal saja, lho.


***



Memanfaatkan Putih Telur Sisa Membuat Kue - plus Bonus Resep



Assalamualaikum bunda

Dalam pembuatan kue, telur merupakan salah satu bahan utama selain tepung dan gula serta lemak. Nah, bagaimana kalau dalam resep tersebut hanya membutuhkan kuning telurnya saja?

Sering kan Bunda bikin kue yang hanya menggunakan kuning telurnya saja, atau membuang sebagian putih telurnya. Hal ini berfungsi untuk melembutkan dan mengecilkan pori-pori pada cake yang akan dihasilkan.

Kalau hanya membuang  satu butir putih telur sih mungkin biasa aja kali ya, tapi kalau harus membuang tiga puluh butir putih telur seperti pada resep Lapis Surabaya, 
hmmm... kayaknya gimana gitu, hihihi

Daripada dibuang, selain sayang juga mubadzir, yekan?
Gimana kalau kita manfaatkan untuk hal lain saja, apa saja sih kegunaannya? Yuk simak beberapa cara memanfaatkan putih telur sisa membuat kue.





***

CARA MEMANFAATKAN PUTIH TELUR SISA MEMBUAT KUE:

  • PUTIH TELUR REBUS

Menjadikan sisa putih telur menjadi putih telur rebus adalah cara yang paling simple dan bisa langsung terpakai semua. Cukup membungkus putih telur dengan plastik tahan panas lalu kita kukus atau rebus hingga telur matang atau mengeras sampai ke dalam.

Putih telur rebus ini umumnya dikonsumsi oleh para praktisi kebugaran. Seperti misalnya instruktur fitnes, pelaku diet dan sebagainya. Akan tetapi, buat yang masih suka makan seperti saya ini, pasti ogah ya makan putih telur rebus begitu saja. Hihi…

Cara menyiasatinya, bisa kita gunakan untuk campuran membuat sayur sop, capcay, Sapo tahu juga  bisa digunakan untuk campuran tumisan lainnya.

  • MASKER WAJAH

Bukan rahasia lagi ya kalau putih telur bisa digunakan sebagai masker wajah. Namun, tahu nggak Bunda? 

Ternyata bagi pemilik kulit kering sebaiknya tidak menggunakan putih telur sebagai masker wajah, namun sebagai gantinya sebaiknya gunakan bagian kuning telurnya.
Sebaliknya, bagi yang memiliki kulit normal atau berminyak masih boleh menggunakan putih telur sebagai masker wajah, ya.


Selain bisa bermanfaat seperti diatas, ternyata putih telur juga bisa digunakan sebagai Lem untuk keramik, lho. Saya pernah baca sih begitu.

Tapi kali ini saya mau bagiin resep cake dengan putih telur aja ya bunda. Mau bagiin tutorial Lem Keramik, eh sayanya nggak punya keramik. Hehehe…




***

RESEP ZEBRA CAKE PUTIH TELUR

(source: Kheyla’s Kitchen Cookpad)

BAHAN:

  • 500 g Putih Telur
  • 270 g Gula Castor *atau yang pokoknya butiran halus
  • Sejumput Garam + Vanilla esense (usahakan yang bagus)
  • 1 sdm pengemulsi (SP/Ovalet/Quick/TBM dsb)
  • 250 g Tepung Terigu Protein Rendah
  • 10 g Tepung Maizena (boleh diganti Tepung terigu)
  • 1 sachete Susu Kental Manis (SKM)
  • 100 g Butter/Margarin leleh
  • 100 g Minyak sayur/goreng yang kualitas bagus



CARA MEMBUAT:

  1. Kocok Putih telur, gula, garam, pengemulsi dan vanila esense dengan mixer full speed hingga kental berjejak. Sekitar 15 menitan.
  2. Kecilkan speed mixer, masukkan SKM kemudian masukkan tepung terigu sambil diayak secara bertahap. Matikan mixer.
  3. Tuang minyak dan margarin/mentega leleh secara bertahap dan aduk balik menggunakan spatula hingga homogen.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian. 1 bagian tambahkan pasta/pewarna coklat, 1 bagian lagi tambahkan pewarna ungu dan biarkan plain 1 bagiannya lagi.
  5. Siapkan loyang bulat diameter 24 yang sudah dialas kertas baking dan disemir margarin. *saya menggunakan 2 loyang ukuran 16 tapi masih ada sisa adonan.
  6. Tuang 1 sendok sayur adonan putih tepat di tengah loyang, tuang lagi adonan coklat tepat diatas adonan putih, tuang lagi adonan ungun tepat diatas adonan coklat. Lakukan hingga adonan habis.
  7. Panggang dengan ai sedang agak kecil hingga matang sempurna. Biasanya untuk adonan cake tinggi sekitar 50-60 menitan. Sesuaikan oven masing-masing ya.


***

Tips:

  • Usahakan menuang adonan pas di tengah-tengah loyang dan masing-masing adonan dengan takaran yang sama agar hasilnya bagus. Nggak kayak punya saya, hehe.
  • Untuk warna ungu sebaiknya lebih dark, biar lebih cantik. Punya saya warnanya kurang pekat semua.
  • Jangan overbaked, agar kue tidak terlalu kering dan seret pas dimakannya.



Happy Baking ^o^





Posting Komentar

0 Komentar