Menu

Soto, makanan berkuah khas Nusantara. Siapa yang tak mengenalnya. Mau berbahan ayam atau daging, mengandung santan, susu atau kuah bening semuanya kembali ke selera dan kekhas-an masing-masing daerah ya. 

Kalau kamu suka soto apa?



Resep Soto Banjar yang Asli Nagih


Assalamualaikum bunda,

Postingan ini sebenarnya sudah terwacana sejak beberapa bulan yang lalu, sebelum mak icik pindahan, tapi ya begitulah, ternyata ke-sok-sibukan saya mengalahkan segalanya, *maap maap.

Berawal dari lebaran kemarin saat saya dan keluarga bertandang ke rumah salah satu nini kerabat suami saya, dimana kami disuguhin soto Banjar yang udah tinggal porsi terakhir (katanya). Seminggu kemudian pun demikian saat bertandang kembali ke rumah kakak ipar, makan soto Banjar ini lagi.

Cerita punya cerita, soto dan sop banjar sebetulnya sama. Yang menjadi pembeda adalah jika dimakan dengan nasi disebut sop, namun jika dimakan dengan ketupat biasa disebut soto.

Dan yang bikin saya penasaran adalah jeruk limau kuit. Katanya sih, si limau kuit ini yang bikin spesial gaes.

Iyes, limau kuit ini konon hanya terdapat di daerah tertentu saja, misalnya ya daerah Banjarmasin sendiri. Karena, suwer! Saya belum pernah lihat si buah ini sebelumnya.
Kalau saya Google-ing, kebanyakan diarahkan ke buah jeruk purut. Namun ternyata berbeda kisanak. Jeruk purut memiliki ukuran buah yang lebih kecil daripada si limau kuit ini.

Soto banjar dengan limau kuit
Gambar limau kuit-nya yang nyempil deket ketupat itu ya gaes (^・^)


Alhamdulillah ya, menantu sholeha ini kemarin dibawain sama bapak mertuwa. Limau kuit plus rempah-rempah bumbu soto khas banjar ini, terutama yang sulit ditemukan di Bali dan bahkan baru saya tau kemarin itu.

Diantaranya adalah kas-kas, adalah salah satu rempah khas yang sulit ditemui di Bali atau jawa, karena saya baru melihatnya. Bentuknya butiran debu kecil, kecil banget mirip butiran detergen, atau apa ya, entahlah saya tidak bisa mencari penyamaannya.

Bumbu rempah kas-kas
Bumbu rempah kas-kas


Rempah khas kedua adalah kulit kayu ganti, bentuknya tipis banget dengan aroma wangi manis, nah lho gimana itu ya.

Berikutnya ada kapulaga arab, kapulaga ini beda sama kapulaga yang umum saya jumpai ya pemirsah. Kapulaga arab ini bentuknya lonjong dan lebih wangi, sedangkan kapulaga biasa bentuknya agak bulat dan aromanya mirip aroma jamu, karena lebih sering digunakan untuk jamu.

Berikut gambar penampakannya, siapa tau di daerah bunda beda sebutannya.

Rempah bumbu soto banjar
Rempah-rempah yang digunakan dalam resep soto banjar




BACA JUGA: Sajian khas Lebaran: Ketupat Cap Gomeh



***


RESEP SOTO BANJAR

(Untuk 6 porsi)

BAHAN:

  • 1 dada ayam utuh (lebih enak ayam kampung, sih)
  • 1,5 - 2 liter air
  • 1 jari kayu manis
  • 5 butir cengkeh
  • 3 bunga sisir/pekak/bunga lawang
  • 6 butir kapulaga hijau/kapulaga arab, geprek hingga terbuka
  • 1-2 lembar kulit kayu ganti
  • 2 batang daun bawang pre, potong-potong
  • 1 sdm margarin

Bumbu halus:

  • 100 gram bawang merah
  • 50 gram bawang putih
  • 1 ruas ibu jari Jahe
  • 1 sdt merica
  • ½ buah pala
  • 1 sdt biji kas kas
  • 2 biji kenari kupas
  • 1 sdt adas manis
  • minyak/margarin untuk menumis

Pengental:

  • 2 sdm bawang putih goreng
  • 100 gram kentang kukus
  • 3 buah kuning telur
  • 1/2 cangkir susu evaporasi / 1 sachet SKM

Pelengkap:

  • Ketupat
  • Soun
  • Telur rebus
  • Wortel rebus
  • Perkedel singkong/kentang
  • Bawang goreng
  • Irisan seledri
  • Limau kuit atau jeruk nipis
  • Sambal cabe rawit mentah
  • Kecap asin Banjarmasin

CARA MEMBUAT:

  1. Rebus ayam dengan kayu manis hingga ayam empuk dan matang. Tiriskan ayamnya lalu suwir, sisihkan. 
  2. Tumis bumbu halus dengan margarin hingga harum, tuangkan ke dalam kuah rebusan ayam tadi. Tambahkan bumbu rempah lainnya. Masak hingga bumbu benar-benar menyatu. 
  3. Blender bahan pengental lalu tuang ke dalam kuah Soto. Tambahkan daun bawang pre dan margarin. Biarkan hingga mendidih kembali. 
     
  4. Koreksi rasa.
  5. Sajikan soto dengan ketupat, ayam yang disuwir, sohun, telur rebus, perkedel kentang/singkong, irisan seledri dan bawang goreng. Dan yang tak ketinggalan, sambal, limau kuit juga kecap asin khas banjar.
    Sepiring sito banjar komplit, hmmm so yami tami bebi lah pokokna.... Asli nagih!


Hemmm nyaman nya... (^o^)


Note:
Kecap asin banjar ini agak berbeda ya dengan kecap asin yang biasa dijual dipasaran, dan hanya dijual lokal saja. Saya nitip dibeliin bapak mertuwa. Hihihi.


BACA JUGA: Resep perkedel singkong pelengkap soto banjar


***




- Mak Icik -
0

Perkedel umumnya terbuat dari kentang ya, kalau perkedelnya berbahan dasar singkong bagaimana?


Resep perkedel singkong pelengkap soto banjar




Assalamualaikum bunda,

Tahu kan ya yang namanya perkedel, biasanya terbuat dari kentang yang telah digoreng atau dikukus lalu dihaluskan bersama bumbu rempah dan digoreng kembali dengan kocokan telur.

Hmmm...
Membayangkannya saja saya sudah mulai nelen ludah ini, hihihi.

Saya termasuk penggemar berat perkedel kentang lho pemirsah, pokoknya suka, apalagi kalau enak. *Yaiyalah buk!

Nah, bagaimana kalau perkedelnya berbahan dasar singkong?

Di beberapa daerah, ternyata sudah umum lho perkedel singkong ini (*hihihi saya baru tau lho gaes, maapkeun ya), terutama di luar jawa, dimana harga kentang terbilang sangat mahal.
Salah satunya di daerah Kalimantan selatan.

Cerita ini saya dengarkan dari penuturan nini haji yang kami singgahi lebaran lalu, *dan yang kami palak Soto nya.

Menurut penuturan beliau, kalau dalam penyajian Soto Banjar itu aslinya menggunakan perkedel kentang, tetapi, karena kentang sangatlah mahal saat itu (gatau sih kalau sekarang mahal gak sih?) Jadilah diganti dengan singkong yang jauh lebih terjangkau karena banyak ditanam oleh petani atau warga setempat.
Sedangkan kentang memanglah harus didatangkan dari jawa, ya.

Baiklah, karena saya juga lagi praktekin bikin soto banjar, yuk ah bebikin perkedel singkong juga biar makin banjar sotonya.


BACA JUGA: Singkong Thailand ala Ambassador Mall



***


RESEP PERKEDEL SINGKONG

BAHAN:

  • 1 Kg Singkong segar
  • 2 sdm bawang goreng
  • 2-3 batang seledri
  • 3 butir telur (sesuai kebutuhan)
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 5 buah bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 ruas jari Jahe
  • 1 sdt merica
  • ½ buah pala
  • Secukupnya garam dan gula
  • minyak untuk menumis

CARA MEMBUAT:

  1. Kupas singkong dan kukus, lalu haluskan. Sisihkan. 
     
    Haluskan
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Campur singkong lumat, bumbu, bawang goreng, irisan seledri dan satu butir telur yang dikocok lepas. Aduk rata. 
    Campur semua bahan dan bumbu
  4. Bentuk adonan perkedel sesuai selera.  

  5. Lapisi setiap bulatan perkedel dengan kocokan telur lalu goreng dengan minyak panas dan api kecil. 

  6. Siap deh digunakan sebagai pelengkap Soto.



***


Tips:


Saat menggoreng, tunggu hingga bagian bawah kering atau kecoklatan baru dibalik ya. Hindari membolak-balik agar perkedel tidak hancur.

Semoga bermanfaat ya...


- Mak Icik -
1

Top Search

New Entry

design by Helplogger

Related post

Author



Saya bukan good writer, juga bukan good blogger, apalagi baking master,,, saya hanya emak-emak berdaster yang sering lupa kalo umurnya udah tua dan anaknya udah dua
(^。^) 

Yuk kenalan disini






"Berbagi-lah hal yang bermanfaat untuk orang lain meski itu kecil, Insya Allah akan memberi manfaat lebih untuk mu meski itu kelak"

- Sera Wicaksono -

Community