}
Menu

Cara sederhana membuat sup ayam jagung yang kental dan gurih

Soup - yang gampangnya dibaca sup ini adalah kuah gurih dengan sayuran di dalamnya. Kalau di Indonesia, sup biasanya identik dengan sayur "sop". 
Nah, kalau sup yang kental? Pasti ngebayanginnya ala kebule-bulean yang adanya cuman di restoran, iya kan? 


Cara sederhana membuat sup ayam jagung yang kental dan gurih


Assalamualaikum,

Kebetulan sekarang di Bali sedang dingin, hingga mencapai 25-24°C pas pagi hari. Buat saya segitu lumayan dingin, sih. Soalnya di Bali biasanya panas, sekitar 30-32°C.

Meskipun kalau lagi panas-panasnya, AC pasti dinyalain juga, di suhu di bawah 25°C juga. Tapi kalau pas suhu asli segitu, kok berasa dingin banget ya, hehehe.

Kemarin sempet ngoprek-ngoprek resep yang belum terjamah, salah satunya adalah resep Sup Ayam jagung ini.
Padahal resep ini sudah masuk dalam daftar resep yang kudu dicoba sebelum bulan puasa kemarin, karena rencananya mau saya pakai buat menu sahur atau berbuka saya.

Iya, saya ini golongan emak gampang merekah kalau kebanyakan makan nasi, apalagi di jam-jam rawan. Jadi memang harus ekstra nahan godaan kalau sedang puasa.

Resep ini saya recook dari resepnya bunda Dzulkhulaifah yang judul aslinya "Bubur Jagung".
Tapi nggak tau kenapa, saya lebih suka menyebutnya sup ayam jagung saja, biar gimana gitu, hahaha.

Pas banget deh, ya.
Dingin begini nyeruput sup hangat nan gurih, hmmm kebayang kan gimana lumernya?

Yuk ah langsung saja kita eksekusi!



BACA JUGA: Singkong Thailand ala Ambassador Mall


***

RESEP SUP AYAM JAGUNG KENTAL

(Untuk 6 porsi)

BAHAN:

  • 250 gram daging ayam bagian dada.
  • 2 butir telur ayam.
  • 1 batang besar wortel.
  • 1 mangkok kecil jagung manis pipil.
  • 1 buah bawang bombay uk. Sedang.
  • 3 buah bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 1 ruas jahe, geprek.
  • 2 lembar daun bawang/bawang pre.
  •  Secukupnya lada, garam dan gula.
  •  Margarin untuk menumis.
  • 5 sdm tepung maizena.
  • 1500 ml air


CARA MEMBUAT:

  1. Siangi ayam dan potong dadu. Saya membuang semua bagian kulit dan lemaknya. 
    Potong dadu daging ayam
  2. Rebus ayam dengan jahe dan garam. Tulangnya saya ikutkan rebus juga, karena sugesti saya hal itu bisa menambah tingkat kegurihan kaldunya. Setelah matang, tulangnya bisa disedekahkan ke kucing liar yang suka nyuri ikan. Soalnya kalau mentah dia nggak mau makan, hehe. 
  3. Sementara itu, potong dadu wortel dan cincang semua bawang-bawangan.
  4. Masukkan wortel dan jagung.
  5. Tumis bawang-bawangan dengan margarin, atau bisa juga dengan minyak goreng. Tapi untuk aroma yang lebih menggoda, saya menyarankan dengan margarin. 
    Tumis bawang-bawangan lalu tuang ke dalam sup
  6. Tuang tumisan bawang ke dalam kuah rebusan. Tambahkan merica bubuk dan sedikit gula.
  7. Koreksi rasa dan kematangan bahan. Jika sudah oke kecilkan api dan masukkan daun bawang pre yang sudah dipotong.
  8. Kocok kepas telur lalu tuang ke dalam sup. Tambahkan juga tepung maizena yang sudah diencerkan dengan kurang lebih segelas air. 

  9. Siap deh sup kentalnya.



***



Sup kental ini cocok banget disandingin sama roti panggang yang gurih, umumnya dimakan sama garlic bread.
Atau juga bisa dijadikan sebagai Sup untuk "Zuppa Soup" dengan pastry diatasnya. Hmmm, lezat deh pastinya.

Akan tetapi, karena saya sedang tidak ready kulit pastry, juga tidak punya si roti panjang ala perancis buat dibikin garlic bread.
Yasudah, tak ada rotan roti tawar pun jadi haha.


Cara membuat garlic bread abal-abal dari roti tawar:

  • Potong roti tawar sesuai selera.
  • Olesi dengan butter atau margarin, taburi garam halus, bubuk bawang putih, dan daun rempah seperti oregano, basil, parsley atau seledri juga bisa.
  • Oven dengan suhu 200°C selama 10 menitan. Atau bisa juga dipanggang dengan teflon.

Sup ayam jagung



- Mak Icik -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan tidak meninggalkan link hidup.
Stop comment war!

Yukk bijak ber-Social Media...

Top Search

New Entry

design by Helplogger

Related post

Author



Saia bukan good writer, juga bukan good blogger, apalagi baking master,,, saia hanya emak-emak berdaster yang sering lupa kalo umurnya udah tua dan anaknya udah dua
(^。^) 

Yuk kenalan disini



"Berbagi-lah hal yang bermanfaat untuk orang lain meski itu kecil, Insya Allah akan memberi manfaat lebih untuk mu meski itu kelak"

- Sera Wicaksono -

Community