Cara sederhana membuat Salted Caramel Ekonomis

Salted Karamel Ekonomis

Salted Karamel Ekonomis


Assalamualaikum Bunda,

Pas browsing dan lihat melted nya si salted Karamel itu semacam nelen ludah yang kering, yagasih?

Saya sih sebenernya bukan pecinta karamel juga, cuman kalau ada foto makanan yang menggelitik minta dicobain itu saya lebih memilih disebut kepo daripada harus gelisah karena penasaran.

Kemaren udah bulat sih tekad, ini kudu, kudu bikin. Tapi ya gitu, pas dibaca lagi kok kayaknya sayang butternya lumayan banyak. Iya kalo sukses, kalo gagal kan tepok jidat saya.

Dan beneran! Gagal... Hahaha

Untung sih trial pertama saya coba ganti dulu pakai margarin. Jadi tekornya masih tingkat recehan lah.

Yang terjadi adalah, si karamel gosyong amsyong, hahaha...
Ampun pokoknya dah.

Awalnya saya pikir, ah warnanya kurang gelap nih kan belum ditambahin susu, gitu pikir saya. Jadinya nunggu agak lebih gelap lagi warna karamelnya.
Eh, pas udah saya campur semuanya dengan sepede-pedenya, itu karamel nggak mau nyatu sama margarin dong, udah gak jelas aja bentuknya.

Batin sih udah agak worries ya melihat kenyataan si karamel warnanya ternyata gelap gulita banget. Dan bener, pas dicicip, Pahit!
Plus eneg dari margarin setengah bungkus itu.

Alamak, wkwkwk...

Oke, buang segera biar gak bikin nyesek lihatnya.

Percobaan ke dua, belajar dari percobaan pertama tadi, yang tingkat kepedeannya agak overload. Kali ini beneran ati-ati banget sama karamelnya, warnanya cukup sampai brown cantik aja, dan si margarin saya hanya pakai 25% dari resep, yang sebenernya menggunakan mentega.

Warnanya udah cantik banget, homogenisasinya juga udah nyatu, secara penampakan (((penampakan))) okelah.
Hati udah sumringah ini, yes sukses!

Pas saya cicipin, hemmm, aroma margarinnya kayaknya nggak match sama karamel.

Oke, sisihkan.

Percobaan ketiga, karena percobaan ke dua sudah cukup oke, jadi saya menggunakan takaran yang sama, hanya si margarin saya ganti sama mentega.

Hasilnya, buat saya ini eneg. Maaf lidah saya emang lidah ndeso, jadi masih suka gagap sama makanan yang blasteran. Hehehe.

Saya udah nyerah sih, capek ngadep kompor. Gerahnya nggak ketulungan. Tapi daripada saya gelisah, yekan? Yasudahlah ya, mari kita ngedep kompor lagi, cuzzz.

Yang terakhir, Alhamdulillah sudah sesuai dengan yang saya mau. Karamelnya terasa, garamnya juga bikin si karamel jadi gurih, aroma susu dan menteganya terasa ringan, jadi nggak bikin eneg.

Buat yang penasaran salted karamel tapi nggak doyan mentega, atau pengen bikin yang ekonomis, cobain deh.

Yukkk!


Resep Salted Caramel Ekonomis


BAHAN:

  • 200 gram Gula pasir
  • 125 ml Susu cair full cream
  • 1/2 sdm tepung maizena
  • 1 sdt munjung Mentega (bukan margarin)
  • 1 sdt garam

CARA MEMBUAT:

  1. Panaskan gula dengan api paling kecil hingga meleleh dan menjadi karamel. Ini tahap paling krusial ya, hati-hati gosong. Goyangkan panci untuk membantu mempercepat proses pelelehan. Gunakan spatula kayu untuk membantu mencampur gula yang masih berbutir.
  2. Masukkan mentega, aduk rata.
  3. Masukkan Susu cair yang sudah dicampur dengan tepung maizena. Masukkan perlahan aja, dan hati-hati letupan.
  4. Aduk rata hingga semua bahan homogen. Tambahkan garam dan matikan api.
  5. Dinginkan dan masukkan dalam toples kaca yang rapat.
  6. Salted Karamel siap digunakan.

Resep Salted Karamel

TIPS:

Jangan mengaduk gula sebelum menjadi karamel. Kecuali jika tinggal 2% gula yg blm larut boleh gunakan spatula utk membantu. 
Gunakan api paling kecil, sebaiknya gunakan panci dengan pegangan untuk mempermudah menggoyang panci.




Post a Comment

0 Comments