Tips: Cara Mudah Mengupas Telur Rebus


Cara mudah Mengupas Telur Rebus

Tips Mengupas Telur Rebus


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh...

Halo Bunda, suka makan telur rebus gak? Atau sukak mengolah masakan yang mengandung telur rebus?
Kayak telur bumbu bali, atau soto ayam yang pakai telur rebus, atau... lagi Diet Mayo atau diet apa aja yang harus makan telur rebus, hehe.

Saya sih sukanya makan soto ayam pakai telur rebus yang banyakan bagian kuningnya, wuahaha #ngelap iler

Itu dulu! Sebelum negara api menyerang.

Sekarang mah boro-boro makan soto ayam pakai telur rebus yang apalagi banyakan kuningnya, makan Soto ayam aja sekarang harus bikin sendiri (ini yang saya kadang sering membatalkan niat pengen makan soto).

Soalnya kalo beli kan pasti mengandung rebusan kulit dan lemak dan entah apalagi untuk membuat si kuah soto nikmat, sedap dan memanggil-manggil, yakhan?

Dan itu, kandungan kolesterolnya sudah bisa dipastikan bakalan membuat telapak kaki dan tangan saya semacam tersengat tawon, bengkak!
Ya begitulah ceritanya...

Well, balik lagi ke telur rebus!

Pasti sering ya pas lagi ngupas telur rebus malah putih telurnya ikutan terkelupas. Apalagi pas buru-buru, wuahaha, pasti nambah tuh snewennya.

Satu, yang pasti sayang! Yakhan?

Apalagi kalau mau dimasak lagi seperti telur balado atau telur bali, jelek dong ya kalau penampakan telurnya bopeng-bopeng.
Belum lagi kalau ngelupasnya sudah sampai pada titik darurat alias kuning telurnya jadi terbuka, hmm bisa luluh lantah itu si kuning pas digoreng.

Hmm, no no no...

Gampang kok caranya biar telur rebus mudah dikupas dan si putih telur tetep muluz kincling kincling. Ini saya diajarin nenek saya, dulu.

Caranya, rendam seketika si telur rebus yang baru matang ke dalam air dingin hingga telur benar-benar dingin. Lalu kupas deh...

Jeng jeng jeng.... Ini dia penampakan si telur rebus muluz tanpa bopeng bebas dempul (^o^)


Cara mudah Mengupas Telur Rebus


Update 11.06.18:
Menurut mas deddyhuang, yang udah membagikan tips nya di kolom komentar (makasih mas ilmunya), bisa juga menambahkan sedikit garam saat merebus telur. 

Dan, setelah saya coba beberapa kali Alhamdulillah hasilnya juga mulus, no bopeng dan nggak pakai ribet. Nah mantab kan? Tapi... tetep ya harus segera diangkat dari air rebusan saat matang.

Karena bukan percobaan kemaren gagal, pasalnya saya kelupaan ngangkat si telur dan membiarkannya terendam sampai air rebusan dingin. hihhihi

Buat yang punya tips lain cara mengupas telur, yuk sharing disini!


Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat ya, dan happy cooking...





Post a Comment

2 Comments

  1. oh gitu toh, kalo aku diajarin pas rebus dikasih garam dikit mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....