Dutch Lemon Cake || Citroencake

Lemon cake

Dutch Lemon Cake | Citroencake


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh

"Dutch Lemon Cake" sebut saja begitu, biar keren. Hehehe. Cake dengan nama Citroencake di negri Belanda, ini sejatinya adalah Pound Cake yang diberi tambahan rasa dan aroma lemon segar.
Saya sih gak tau persis history nya, ya. Dari mana asal muasal lemon cake ini dan bagaimana sejarahnya. Bolak-balik saya searching dan saya belum juga menemukannya.

Resep yang saya gunakan ini bersumber dari blog www.thedutchtable.com, yang kebetulan author nya berkebangsaan asli Belanda blasteran Indonesia. Jadi tentu saja lemon cake nya versi Holland dong ya.
Dalam blog nya, ia pun menerangkan bahwa sebutan Cake di Belanda, hanya untuk menyebut jenis Pound Cake dan Loaf Cake, selain jenis itu disebut dengan taart.

Dalam sejarah singkat yang pernah saya baca, Cake sebenernya berasal dari Mesir kuno pada abad ke 13. Namun pada saat itu cake yang dimaksud masih menyerupai roti dengan madu sebagai pemanisnya.

Sedangkan Pound Cake, merupakan nenek moyang dari Cake yang umum kita nikmati sekarang ini. Disebut Pound Cake karena pada saat itu takaran yang digunakan adalah masing-masing 1 pound untuk setiap bahannya, yaitu; tepung, gula, mentega dan telur.

Pada penyajiannya, Pound Cake ini dicetak dengan loyang loaf yang biasa digunakan untuk roti, namun kadang juga menggunakan loyang bundt (yang "bolong" tengahnya itu, atau sering kita sebut tulban) dengan taburan gula icing diatasnya.
Pound Cake yang pada saat itu populer dan berkembang sangat pesat di Inggris raya, kemudian di masa selanjutnya dikonversikan untuk ukuran rumah tangga dengan perbandingan masing-masing 1:1.

Pada abad ke 19, sejak ditemukannya Baking Powder sebagai bahan pengembang, cake menjadi lebih bervariasi seperti yang kita temui sekarang ini.

Itu sejarah singkat aja ya, next time kita bahas lagi tentang sejarah Cake. Insya Allah.

Balik lagi ke Dutch Lemon Cake, cake jenis Butter ini tentu saja rich banget ya rasanya. Tapi dengan ditambahkannya lemon, membuat cake rich ini menjadi lebih segar dan ringan. Cocok banget buat temen ngeteh sore-sore pas cuaca lagi cerah secerah hatiku, eaaaa...


BACA JUGA: Dutch Sausage Rolls Instant


Resep Dutch Lemon Butter Cake (Citroencake)


BAHAN:

  • 115 gram Mentega (saya pakai Dutch Butter)
  • 100 gram gula pasir halus (aslinya 115 g )
  • 3/4 cup tepung cake (sekitar 120 g)
  • 2 telur utuh
  • 1 kuning telur
  • 1/2 butir lemon (peras dan parut kasar kulit bagian kuning)
  • 1/8 sdt garam
Glazing / icing:
  • 75 gram gula icing
  • 25 gram gula donat (optional)
  • 1 sdm perasaan lemon
  • 1 sdm SKM putih
  • Parutan kulit lemon untuk taburan

CARA MEMBUAT:

  1. Siapkan dan olesi loyang loaf, saya pakai uk. 19 x 5. Panaskan oven 175°C / 350F.
  2. Kocok mentega dan gula hingga lembut dan mengembang. Kecilkan mixer, masukkan telur satu per satu dan beri jeda masing-masing. Masukkan garam dan parutan kulit lemon.
  3. Masukkan tepung dan air lemon secara bertahap dan bergantian selang-seling. Aduk dengan spatula.
  4. Tuang ke dalam loyang dan sedikit hentakan.
  5. Oven selama kurang lebih 50 menit atau hingga bagian atas golden brown. Jangan lupa tes tusuk. Dinginkan.
  6. Glazing: campur rata bahan glazing dan tuang diatas cake yang sudah dingin.
  7. Siap dinikmati atau dimasukkan kulkas dulu lebih enak dan seger.

Lemon cake

Lemon glazing


Tips:
Mentega boleh diganti sebagian dengan Margarin, tapi sebaiknya tidak diganti semua karena akan mempengaruhi keseluruhan rasa cake.

Lemon cake
Lemon Butter Cake (Citroencake)





Post a Comment

2 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....