Cara membuat telur gulung ala Korea - gyeran mari

Rolled Omelette atau gyeran mari
Gyeran Mari


Cara Membuat Telur Gulung ala Korea


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh...

Annyeong Haseyo, 
Halo Bunda pecinta Drakor, pasti tau dong ya sama si telur gulung ini. Rolled Omelette yang dalam bahasa Korea sana disebut Gyeran Mari (hangul: 계란 말이 ) ini cukup sering nampang di drama-drama Korea terutama yang berlatar belakang keluarga atau yang genre romance. Iyalah, kalo yang thriller kayaknya nggak sempet makan mereka, adegannya shocking melulu, hehe.

Pada dasarnya Gyeran Mari ini ini ya telur dadar kalo di Indonesia, bahasa kerennya Omelette. Telur yang dikocok lepas, digaremin terus digoreng tipis, digulung, selesai. Itu kalau emak saya dulu bikin gitu. Bentuknya biasa aja, dimakan pake kecap buat sarapan sebelum berangkat sekolah, dan itu nurun ke anak saya, hehe.

Sekarang, karena udah kenal sama gyeran mari, enggak gitu dong ya, agak dicakepin dikit biar si kakak juga mau makan sayurnya, kan?

Baca Juga: Resep Kimchi porsi Rumahan

Resep Korean Rolled Omelette (Gyeran Mari)


BAHAN:
  • 3 buah telur
  • 1 potong kecil wortel, cincang 
  • 1 batang bawang pre, iris halus
  • 1/4 buah bawang bombay, cincang
  • 2 buah buncis, iris halus
  • Tambahan sesuai selera: sosis, ayam, bayam, sayuran lainnya, dll
  • • 1/4 sdt garam / sesuai selera
  • Sedikit minyak untuk dadar di pan

CARA MEMBUAT:


  1. Kocok lepas telur dan garam, tambahkan semua bahan yg dicincang dan diiris halus tadi. Kocok rata.
  2. Panaskan pan/teflon dengan sedikit minyak/margarin.
  3. Dadar 1/4 bagian adonan (menyesuaikan lebar pan ya), tipiskan dan gulung, sisihkan.
  4. Dadar lagi 1/4 bagian, tipiskan, letakkan gulungan yang pertama tadi di atas dadar, gulung, sisihkan.
  5. Lakukan lagi seperti step 4, lakukan hingga adonan habis.
  6. Selesai deh dadar telur gulungnya.
Rolled Omelette atau gyeran mari


Hasil saya mungkin belum bagus ya, tapi tehnik dasarnya seperti itu. Jadi kalau mau hasilnya bagus bisa sering-sering berlatih biar ciamik kayak aslinya. Paighting!

Note:Saat menggulung sebaiknya jangan menunggu terlalu kering, agar gulungan bisa nempel sempurna.


Salam Annyeong,




Post a Comment

0 Comments