Sempol Ayam khas Malang Homemade


Sempol malang

Sempol Ayam khas Malang Homemade


Assalamualaikum Bunda,
Siapa sih yang gak tau sama jajanan kaki lima yang lagi nge-hits ini? Sempol Ayam khas Malang ini kini nggak hanya ada di Malang, lho. Di sekolahan, di tempat ngaji sampai di Car Free Day hampir (mungkin) di seluruh Indonesia, jajanan yang satu ini nggak pernah absen.


***
Saya tau jajanan sempol ini dari tahun lalu di Cookpad, sebenernya, tapi resepnya saya tandain aja dan nggak pernah ke-eksekusi-eksekusi. Ini antara malas dan sok sibuk ya, hahaha.

Pas Mami saya main ke Bali, ke tempat saya, pasti dioleh-olehin sempol malang ini juga, biasa lah ya nyenengin cucuk kesayangannya. Pas kemaren lebaran kami mudik pun dibeliin sempol ini sekantong kresek, puas hoho.

Beliau udah punya langganan sendiri orang asli ngalam alias Malang, dan siap bawain ke kantornya. Jadi tinggal order dan sempol asli malang yang menurut saya enak itu akan hadir keesokan harinya, enak kan? *Enaklah, saya kan tinggal makan, wehehe.

Beberapa hari terakhir saya lagi doyan sama si sempol ini, semacam ketagihan gitu. 
Awalnya karena si kakak yang minta makan pake lauk sempol ini, dia bilang di tempat ngajinya ada yang jualan. Eh pas diniatin beli malah nggak ada si bapak yang dagang, entah sudah habis atau emang lagi libur gak jualan.

Pas hari minggu berikutnya kita niatin beli tuh di Car Free Day, nggak jadi dipake lauk juga sih, habis dicemilin sama bunda soalnya, haha. 
Terus pas kapan hari ikutan jemput ngaji si Kakak, akhirnya beli lah juga saya ke ibu-ibu yang dagang sempol di sekitaran tempat ngaji Kakak, ke penjual yang bapak-bapak juga beli, biar bisa ngicipin dua-duanya.

Sempol Ayam goreng pakai telur
Ini saya gorengnya dilapisin kocokan telur, kayak yang dijual si abang-abang

Dari ketiga penjual sempol yang udah saya cobain, sempol di Car Free Day menurut saya paling enak, dari segi bumbu dan tekstur kealotannya. Tapi tetep masih kalah enak sama yang dibawain Mami sih, yang made in Malang asli itu. Bedanya yang ini beli mentahan jadi nggak pakai bumbu.

Sempol Ayam Malang dengan cocolan saus asam pedas manis
Bumbunya Saya pakai saus asam pedas manis


Nah yang beli di tempat ngajinya Kakak itu seperti kebanyakan tepung kanjinya, jadi mirip-mirip sama cilok goreng, tapi saya doyan sih *saya mah emang doyanan, plak!

Karena tiap saya beli si adek pasti juga minta, saya jadi agak worries aja ngasihnya, soalnya kalau yang dijual gitu pasti sulit terhindar dari vetsin dan kawan-kawannya, kan. Meskipun masih pro dan kontra juga soal keamanan si vetsin buat anak-anak. Atau even orangnya bilang itu bikin sendiri karena anaknya juga ikutan makan.

Akhirnya, saya buka-buka lagi simpenan resep yang udah ketumpuk-tumpuk dari tahun lalu itu. Ada banyak versi, mulai dari yang campuran tepungnya sedikit sampai yang buanyak khusus buat jualan. Bahkan ada juga yang tanpa ayam. Nah lho! Judulnya sempol ayam tapi tanpa ayam, ala abang-abang jualan katanya, wahaha.... Bisa jadi ya yang dijual si abang-abang itu tanpa ayam, yasudahlah, jangan suudzon ya nggak boleh sama pak ustad.

Ini saya praktek yang kedua kalinya. Kemarennya juga bikin, tapi tekstur kealotannya masih alot banget, sampe nggak bisa ditelen kayaknya, haha parah.

Sempol ayam malang


Yang bikin kedua kali ini Alhamdulillah sih udah hampir mendekati sama yang biasa dibawain Mami, tidak alot juga tidak seperti bakso, pas lah buat saya.

Keuntungannya bikin sendiri selain lebih irit karena dapetnya lebih banyak dan yang pasti puas ya makannya, juga lebih merasa aman aja dari segi bahan dan kehigienisanya, ya kan? Jadi sekeluarga bisa ikutan makan termasuk si kecil.
Capek sih, tapi kalau itu bisa nyenengin keluarga kenapa enggak *tumben saya bener, haha, plak!

Berikut saya share resepnya ya, siapa tau bunda-bunda juga pengen ikutan bikin, yukk...



Resep Sempol Ayam Malang

Resep Sempol Ayam khas Malang Homemade

BAHAN:

  • 250 gram fillet dada ayam
  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 5 siung bawang putih
  • 1 batang bawang pre
  • 1-2 batang seledri
  • 1 buah kecil wortel (optional)
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2-3 sdm bawang merah goreng
  • 1,5 sdt garam (sesuai selera aja)
  • 1/2 sdt gula
  • 75 ml air

CARA MEMBUAT:

  1. Haluskan daging ayam bersama telur, bawang putih, bawang goreng, bawang pre dan air. Bisa menggunakan blender atau food processor jika ada.
  2. Tambahkan gula, garam dan merica bubuk. Aduk rata.
  3. Iris halus seledri dan wortel, campurkan ke dalam adonan.
  4. Masukkan tepung dan aduk rata.
  5. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, tambahkan sedikit garam dan minyak goreng agar tidak lengket.
  6. Kepal-kepal adonan pada tusuk sate sambil ditekan agar menempel. Lalu masukkan ke dalam air mendidih tadi, seperti membuat bakso atau cilok. Biarkan hingga adonan mengapung, tanda adonan sudah matang. Lakukan hingga habis.
  7. Pada tahap ini, adonan sempol sudah jadi dan siap digoreng atau disimpan di kulkas / freezer untuk daya simpan yang kebih lama.
  8. Cara menggoreng sempol bisa digoreng biasa tanpa telur atau dilapisi dengan kocokan telur lagi, kayak yang dijual di abang-abang.
  9. Untuk yang dilapisi telur, goreng duku sempol hingga setengah matang, angkat dan celupkan ke dalam kocokan telur, lalu goreng lagi hingga kecoklatan.
  10. Siap deh, sempol bisa langsung dicemil dengan cocolan saus botolan, mayonnaise atau saus asam pedas manis.

Sempol ayam malang

Sempol ayam malang

Sempol ayam malang

Sempol ayam dengan mayonnaise
Dengan mayonnaise

Saus asam pedas manis ala saya:

• Tumis 2 siung bawang putih yang sudah digeprek dan dicincang, hingga harum. Tambahkan 1 sdm tepung maizena, aduk rata. Tuangi air secukupnya. Masukkan kurang lebih 2-3 sdm makan saus tomat dan saus sambal. Beri gula dan garam secukupnya. Tes rasa. (Kekentalan sesuai selera aja ya).


Tips:

Sebaiknya selalu lumuri tangan dengan minyak goreng agar adonan tidak nempel di tangan. Tapi bukan minyak goreng panas ya Bunda, hehe.


Sempol ayam khas malang
Sempol Ayam homemade, lebih irit dan bebas khawatir


BACA JUGA: Resep Muffin Mie Sayuran








Post a Comment

0 Comments