Korean Food: Kimbab - nasi gulung ala Korea

Korean Rolled rice
Kimbab ala kadarnya

Kimbab - Nasi Gulung ala Korea


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh...

Annyeong, lagi dan lagi, borongan ya postingnya? Iya, hehe...

Sebenernya postingan ini udah pernah tayang di Instagram dan akun Cookpad saya, tapi boleh lah ya saya post disini juga biar lebih gampang nyarinya. Soalnya kalo di Instagram kan pasti udah ketutup sama feed yang termutakhir *eishh.

Ngomongin soal Drama Korea dan makanannya itu udah pasti nyambung banget. Karena di hampir setiap Drama Korea pasti ada acara makan dan memperkenalkan makanan khas mereka. Sepertinya ini memang udah disetting begitu ya, salut deh buat drama korea untuk usahanya memperkenalkan khasanah budaya mereka. Semoga Drama Indonesia juga gitu ya, aamiin.

Dalam setiap drama korea, biasanya beda-beda tuh makanan yang di tonjolkan. Misalnya di drama "Rooftop Prince" dengan Omurice nya (cek resep DISINI), pernah juga di drama "Fashion King" ada Jajangmyeon as known as black bean noodle (jujur aja ya ini bikin saya mupeng banget, dan belum kesampean sampe sekarang, hiks, ngenes khan?), dan buanyak lagi. Mulai dari yang ala-ala kerajaan hingga yang makanan jalanan *sumpah deh sambil ngiler ini saya ngetiknya.

Kalau Kimbab / gimbab (hangul: 김밥) ini saya taunya pas drama "endless love", kalo nggak salah ya, tapi belum kepengen sih pas itu, saya juga nontonnya karena nggak sengaja aja di tivi, dan nggak tau juga sama alur cerita fenomenalnya sampe sekarang.

Tapi kapan lalu pas lagi nonton "Radiant Office" (ohh abang Ha Seok Jin aimisyu muah muah), kayaknya bikin ngiler pas adegan makan kimbab ini (actually ngiler sama tteokbokki pedes juga sih wuahaha). Yaudah pas belanja ke supermaket dan liat ada nori, praktekin deh.

Anak mbarep seneng banget sama kimbab ini, jadi pas bulan puasa kemaren lumayan tuh bisa buat menu sahurnya, kan pasti males ya anak-anak kalau makan sahur. Tapi saya bikin yang versi simple aja biar cepet (baca: males).

Oiya, dalam bahasa korea Kimbab atau Gimbab ini definisinya adalah nasi dan nori. Dimana Kim/Gim (김) berarti nori dan Bab (밥) yang artinya nasi.



Resep Kimbab sederhana ala Mak Icik


BAHAN:

Nasi:
  • 4 lembar Nori untuk kimbab/sushi
  • 7 centong penuh nasi panas
  • 2 sdm minyak wijen
  • 2 sdt garam meja
  • Secukupnya minyak wijen dan biji wijen sangrai untuj taburan
Isian: (menyesuaikan aja)
  • 1 butir telur
  • 2 buah sosis (bisa diganti frozen food lainnya, atau skip)
  • 1 buah timun
  • 1 buah wortel
  • 1 ikat besar bayam
  • Minyak wijen dan garam untuk seasoning.

CARA MEMBUAT:

  1. Telur: Kocok lepas telur dengan sedikit garam, buat dadar agak tebal. Potong memanjang seperti stik. Sisihkan.
  2. Sosis: Belah memanjang sosis dan tumis dg sedikit minyak atau margarin hingga layu, sisihkan.
  3. Timun: Belah memanjang timun, buang bagian isinya. Tumis sebentar hingga layu, dan taburi sejumput garam. Sisihkan.
  4. Wortel: Potong korek wortel, tumis hingga layu dan taburi garam. Aduk rata, sisihkan.
  5. Bayam: Rebus bayam hingga matang. Angkat dan celupkan ke dalam baskom berisi air dingin, ini tujuannya agar proses pemanasan segera terhenti dan tidak membuat bayam hancur. Angkat dan tiriskan. Beri sedikit minyak wijen dan garam. Boleh juga ditambah dengan sedikit tumisan bawang putih cincang. Sisihkan.
  6. Nasi: campur nasi, garam dan minyak wijen. Aduk rata. Tes rasa.
  7. Letakkan nori diatas sushi mat (jangan lupa bagian yang mengkilap menghadap ke bawah ya, dan letakkan membujur seperti tampilan portrait).
  8. Beri 1,5 - 2 centong nasi ke atas nori, ratakan (beri sisa jarak agar nasi tidak meluber pas digulung)
  9. Beri isian diatas dan agak tengah nasi (next time saya fotoin ya, saya selalu lupa foto bagian ini kalo bikin hehe).
  10. Gulung kimbab dengan bantuan sushinmat, sambil dipadatkan ya biar rapet.
  11. Olesi bagian permukaan nori dengan minyak wijen. Taburi biji wijen dan potong-potong.

Kimbab
Setelah digulung

Simple kimbab
Ini versi so simple buat sahur si kakak

Kelihatannya ribet ya? Hehe, tapi trust me deh! Ini enak banget bahkan dengan isian yang simple. Minyak wijen bercampur nori itu, hmmm, bikin saya laper sekarang!

Tips:

  • Paling bagus gunakan nasi dari beras jepang/korea, short grain rice. Tapi kalo nggak ada, boleh pakai nasi biasa. Kalau saya pas niat bikin tapi nggak (pernah) punya beras jepang, saya siasatin masak nasinya dicampur dengan sedikit beras ketan. Tujuannya biar nasi agak lengket aja jadi mudah pas digulung. Tapi tentu saja tidak sama persis ya dengan si nasi dari beras jepang asli. Catet!
  • Isian pada dasarnya bisa menyesuaikan menurut selera dan isi kulkas masing-masing, atau isi dagangan abang tukang sayur, hehe. Kalau dari negri aslinya sana, biasanya pakai isian acar lobak kuning juga (kalo nggak salah sebut ya), tapi karena itu susah nyarinya buat saya (yang tinggalnya di kampung ini), jadi saya skip.




Salam Annyeong,




Post a Comment

4 Comments

  1. Aku roaming lah kalau bahas drakor hahaha... Makanannya juga ga terlalu familiar, tapi pernah dikasih kimbab sama temen. Home made dan lumayan suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe teh efi bisa aja pake roaming, btw makasih ya udah mampir

      Delete
  2. Mbaaa, kok yaa aku baru ngeh juga kalo tiap Kdrama itu menonjolkan makanan yg berbeda-beda yaa. Belakangan baru nonton Gangnam Beauty, pemainnya sering banget makan tonkatsu (pork cutlet) jadi laper banget tiap liatnya hahaha.

    Eniweii makasih banyaaak mba resepnya. Kok ya gak kepikiran pake sosis yaa buat kimbab. Aku pernah pake nasi biasa hasilnya messy banget, nggak nyatu. Kayaknya emang harus pake short grain rice ya biar mantul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe yg ta perhatiin sih gt (niat nonton dramanya apa makanannya sih?)
      Sama2 ya mba trima kaaih sudah mampir

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....