Imutnya si Kue Manja yang bikin Kepincut

Imutnya si Kue Manja yang bikin Kepincut

Imutnya si Kue Manja yang unyu-unyu


Kue Manja, itu kue apa?

Jujur, saya baru tahu kue ini kemaren lalu dari postingan salah satu temen di beranda Facebook saya. Awalnya saya pikir itu hanya self-caption nya dia aja, mengingat sang pemilik akun sepertinya juga masih muda (kayak saya, wkwkwk).  
Dan kemaren saya lihat postingan serupa dari si pemilik akun yang sama, sepertinya memang untuk dijual, karena seringnya kue itu diposting berulang.

Dalam keadaan perut yang kekuruyukan, saya akhirnya mendadak kepincut sama penampilannya yang aduhai unyu-unyu itu. Sebenarnya kalau dalam keadaan perut keroncongan seperti itu, penampilan makanan apapun pasti bikin ngiler, ya kan? Tapi serius, seketika saya langsung kepincut sama keunyu-unyuannya itu.

Sambil menenteng rasa penasaran tentang siapakah si "kue manja" ini, sambil garuk-garuk kepala, ealah ternyata dia sudah hits, tho? Saya ini emang payah soal ke-update-an kue yang sedang naik panggung, haha *tepokjidat.

Dari sekian panjang daftar postingan resep tentang si Kue Manja yang muncul di hasil pencarian, hampir sembilan puluh persen menambahkan nama 'Yunda Yun' sebagai attribute pemilik resep atau yang mempopulerkan resep si Kue imut-imut ini.


siapa sih Yunda Yun?

Kepo ya saya? Iya dong, kan ini menyangkut sejarah kepopuleran sebuah kue yang harus dicatet. Hihi.
Saya sih belum pernah kenalan ya, apalagi kenal deket (ih, siapa eloh? Ngaca mak ngaca!). Hahaha, saya mah apah atuh, cuma telenan butut, huffttt.
Tapi saya sempet ngepoin tadi, siapa itu Yunda Yun?

Yang sempet saya kepoin cuma Facebook nya aja ya, itu pun hanya sebatas dari postingan publik. Karena secara resmi saya belum berteman dan belum berani meminta pertemanan dengan beliau, keder cyinn! Soal beliau punya akun sosial media yang lain saya belum sempet searching-searching lagi ya jadi mohon maap.

Di akun Facebook tersebut, kebetulan postingan tentang si Kue Manja beliau yang buming ini tidak di private alias bisa dibaca publik.
Dalam captionnya, pemilik akun yaitu Yunda Yun Kitchen tidak menginfokan secara detail soal asal-usul si Kue Manja nya. Dalam postingan tersebut beliau hanya menulis kalau si Kue Manja ini adalah sejenis martabak manis atau terang bulan yang diberi topping sarikaya, aslinya. Namun beliau menggunakan topping sarikaya dan selai stroberi, seperti yang ditampilkannya dengan foto hasil kreasinya itu juga, unyuk sekali.

Kue manja topping selai stroberi
Kue manja dengan selai stroberi

Tapi yang sudah beredar di media sosial, internet dan aplikasi memasak, postingan re-cook dan re-share resep oleh temen-temen lain yang sudah mempraktekannya, topping-nya sudah berubah mengikuti selera masing-masing yang kebanyakan menggunakan meses dan parutan keju Cheddar.
Hasilnya juga lucu-lucu kok, apalagi dengan variasi warna-warni yang eye catching, jadi makin greget saya pengen segera nyobain. Ayo deh langsung aja kita beber tikernya resepnya.

Kue Manja warna warni
Kue manja dengan varian topping dan warna yang eye catching


Resep Kue Manja


BAHAN:

  • 150 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt Baking Powder double acting
  • 1/4 sdt Baking soda
  • 1/4 sdt extract vanilla, optional.
  • 1 sdm margarin/butter (lelehkan), resep aslinya menggunakan 1 sdm minyak sayur
  •  250 ml air


CARA MEMBUAT:


  1. Campur semua bahan kering jadi satu, aduk rata.
  2. Masukkan air sambil diaduk menggunakan balon whisker, masukkan telur dan aduk rata. Masukkan margarin leleh/minyak dan extract vanilla, aduk rata hingga licin dan tidak bergerindil lagi.
  3. Saat mengaduk sebaiknya sambil sedikit ditepuk-tepuk ya, tujuannya untuk memasukkan udara yang bikin kue bersarang cantik nantinya. Tips ini juga berlaku untuk semua jenis kue (pan) yang butuh penampilan sarang yang cantik.
  4. Jika ingin kue yang berwarna-warni bisa ditambahi pewarna atau pasta rasa. Diamkan adonan selama sepuluh menit agar si tentara baking-baking bekerja.
  5. Panaskan pan anti lengket atau teflon, tidak perlu diberi minyak atau margarin atau sejenisnya ya, karena itu hanya akan bikin kulit kue belang bonteng.
  6. Pastikan cetakan atau teflon sudah benar-benar panas agar adonan bisa mengulit sempurna.
  7. Tuang satu sendok sayur adonan dan biarkan hingga matang dan berlubang-lubang. Angkat.
  8. Beri susu kental manis dan topping diatasnya (jika menggunakan meses/keju), atau langsung tambahkan topping sarikaya/stroberi atau selai apa aja sesuai selera. Lalu lipat kue dengan bantuan spatula selagi kue masih panas. Lakukan hingga adonan habis.
  9. Selesai.


Step step kue manja

Step step kue manja


Tips:
• Sebaiknya gunakan selai yang berkualitas bagus agar rasa kue yang sudah enak tidak tergangu, pengalaman kemaren beli selai yang nggak jelas rasanya jadi kacau.• Dan sebaiknya tambahkan selai secukupnya saja agar tidak eneg.


Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Kue manja





Post a Comment

11 Comments

  1. Warna kuenya menarik ya mak...mirip seperti terang bulan nih kayaknya...jadi pengen nyoba siapa tahu jadi kue andalan keluarga...mksh sharing resepnya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mirip terang bulan, kayak pancake juga, anti gagal pokoknya hehe...

      Delete
  2. Wah seru jg ya buat dicoba resepnya. Terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  3. terlihat menarik akrena warnanya yang smooth ya tak mencolok, warna soft yang menarik

    ReplyDelete
  4. Iya mirip pancake ato serabi yaa, cm ini warna warni. Tp walo mba bilang anti gagal, nth napa ya mba, tiap bikin pancake aja, hasil bikinanku ga bisa terlihat lembut begitu. Cendrung ke bantet -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kadang sy jg gt kalo bikin pancake, tapi resep adonan ini udah tiga kali bikin Alhamdulillah lancar jaya terus, semuanya berserat bagus. Menurut ak pribadi sih mngkin karena baking sodanya ya, soalnya kalo pancake hny pake bk powder ak biasanya.cobain yuk mak

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....