Resep Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice


Mango Sticky Rice


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh

Mango Sticky Rice - adalah salah satu jajanan street food waktu musim panas yang terkenal di Bangkok, katanya, soalnya saya belum pernah ke Bangkok juga.

Menurut penjelasan yang saya baca di Internet, Mango Sticky Rice ini termasuk dalam kategori dessert yang cukup unik. Perpaduan dari manis gurih nasi ketan dan legitnya mangga.
Menurut sumber yang saya baca juga, jenis mangga yang paling pas untuk dessert ini adalah jenis harum manis. Tapi karena saya punyanya mangga gadung -ini pun hasil kiriman dari mami- ya oke sajalah, yang penting mangga yang sudah matang dan manis.

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Resep ini adalah resep kekinian ala Thailand ke dua yang udah saya praktekin, tapi dua-duanya belum pernah saya cobain yang aslinya -yaiyalah ke Djagardah aja belum pernah kok ke Bangkok, segera ya aamiin-.

BACA JUGA: Resep Singkong Thai Ambassador 

Mungkin saya termasuk yang telat ya buat nyobain resep yang udah berseliweran dimana-mana ini. Di Instagram, Cookpad bahkan di pesbuk juga semuanya pada posting ini.
Nah mumpung kemaren dapet kiriman mangga dari mami dua kardus, yuk lah cuss eksekusi ajah.


Resep Mango Sticky Rice


BAHAN:

  • 300 gram beras ketan
  • 225 ml + 250 ml santan kental, dari setengah butir kelapa
  • 100 gram + 75 gram gula pasir
  • 1/4 sdt (agak munjung) garam
  • 2 sdt tepung maizena untuk pengental
  • 2 lembar daun pandan
  • Buah mangga potong
  • Wijen sangrai (optional)


CARA MEMBUAT:

  1. Rendam beras ketan minimal satu jam. Cuci dan Tiriskan.
  2. Kukus beras ketan 15-20 menitan. 
  3. Dalam panci lain, masak 225 ml santan dan 100 gram gula beserta selembar daun pandan hingga gula larut (jangan sampai mendidih ya).
  4. Tuang nasi ketan yang setengah matang tadi ke dalam santan, aduk rata dan biarkan santan meresap.
  5. Kukus kembali santan selama 30 menitan atau hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  6. Saus kental: campur dalam panci lain; sisa santan, gula, garam dan maizena. Aduk rata dan tambahkan daun pandan. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk agar saus tidak menggumpal. Setelah saus meletup-letup matikan api.
  7. Plating nasi ketan dengan saus dan irisan buah mangga. Taburi wijen sangrai/panggang jika suka.

Rekomendasi dari mba sashy little kitchen menu ini disajikan dalam kondisi hangat ya, tapi berhubung saya kemaren bikinnya udah malem dan keburu pada ngantuk si pasukan, jadinya saya kulkasin takut basi, wkwkw....
Walhasil ketannya jadi agak katos alias sedikit lebih keras. Tapi suka sama si saos yang dingin seger jadinya.

Nah akhirnya diangetin lagi nasi ketannya dan menikmati si ketan ini saat sudah suhu ruang dengan siraman saus santan manis dari kulkas dan juga irisan mangga yang dingin dari kulkas juga.
Hmmm... Cocok deh kalo buat pas cuaca cerah.
Selamat mencoba...

Mango Sticky Rice
Mango Sticky Rice





Post a Comment

4 Comments

  1. Selalu pengen bikin makanan ini sebelum ke Thailand (entah kapan haha).
    Btw blognya bagus ya niche serba-serbi dapur, salam kenal ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kl blog nya dibilang bagus (mesem mesem sendiri) hayuk lah bikin mumpung msh musim mangga... Btw mamacih ya udah mampir lagi, salam kenal juga :)

      Delete
  2. Ini makanan favoritku kalo ke thailand. Tp pernah nemu jg mango sticky rice yg kurang enak pas di chiang mai, krn mangganya kurang manis. Di bangkok yg mango sticky ricenya enak kebangetan :D. Mangganya kayak gula manisnya, ketannya jg lembut. Pgn coba sendiri, tp kok ya ga prnh jadi hihihi... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm enaknya traveling, jd mupeng pengen. Nyicip nyicip makanan di negri aslinya, yg pertama korea tuh, hehe, aamiin bisa kesampean

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar, ya dear.

Harap berkomentar sesuai artikel, dengan bahasa yang baik dan sopan.
Link Aktif dan SPAM akan dihapus.
NO WAR!

Happy reading other article....