Masak seru di SD Islam Tabanan

Masak seru di SD Islam Tabanan

Masak seru di SD Islam Tabanan


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh...

Demi memenuhi perkembangan jaman dan mengikuti perkembangan pemikiran "Kids Zaman Now" yang lebih kritis dan tanggap, sebagai emak kita pasti juga mau yang terbaik kan ya untuk buah hati.

Sebagai mana tempat menuntut ilmu, sekolah juga pastinya akan mengikuti perkembangan ini pula. Saat ini sekolahan, bukan hanya sebagai tempat menuntut ilmu akademis saja. Tapi juga merupakan tempat menggali potensi dan pembentukan karakter, yang kini sudah dimulai sejak jenjang sekolah dasar, atau bahkan sejak jenjang lebih awal.

Baru-baru ini di sekolahan si kakak dibentuk paguyupan orang tua/wali siswa untuk setiap kelasnya. Mungkin sekolahan di kota-kota besar atau sekolahan yang lebih modern sudah jauh lebih dulu mengadakan ini ya, dan bahkan kelas satu dan dua di sekolah ini juga sudah diadakan sejak tahun lalu. 
Namun meski 'mungkin' agak terlambat, sebagai orang tua saya tetap senang dan antusias dengan hal ini. 
Tujuan paguyupan wali siswa ini antara lain adalah mempererat tali silaturahmi antar sesama wali siswa, antara wali siswa dan wali kelas dan guru lainnya. 
Seperti ungkapan tak kenal maka tak sayang, maka paguyuban ini pun dibentuk dengan tujuan tersebut.
Sehingga diharapkan dapat memberikan masukan atau kontribusi dalam proses pembelajaran di sekolah.
Begitu katanya bapak kepala sekolah.

Kegiatan paguyuban ini diharapkan dapat mengisi materi ketrampilan atau wawasan lain kepada siswa di luar pelajaran akademis. Dengan harapan, kegiatan ini dapat lebih dalam mengenali potensi siswa. Misalnya memasak, membuat kerajinan tangan, berjualan, atau bidang lainnya.

Pengisi materi itu sendiri pun adalah kami para wali siswa. Misalnya yang orang tua nya adalah seorang tenaga kesehatan, mungkin bisa berbagi ilmu tentang dunia kesehatan. Atau yang mamanya jago jualan, bisa berbagi ilmu dan tips berjualan yang sukses. Begitu juga dengan yang hobi masak dan baking, bisa berbagi pengalaman juga di kelas.

Nah, kemaren hari Jumat itu adalah hari pertama paguyuban kami kelas 5A SD Islam Tabanan. Dan sesuai kesepakatan, untuk pertemuan pertama ini (yang udah ganti jadwal dua kali gegara libur hehe) kami isi dengan kegiatan memasak. Pasti seru dong ya? 

Masak seru di SD Islam Tabanan

Meski ga sesuai dengan rencana awal, yang tadinya acara memasak ini akan diselingi dengan materi gizi dan marketing, ternyata amburadul bin berantakan pemirsah wuekeke.
Ya itu tadi, gara-gara ganti jadwal itu, Ibu bidan sebagai pemilik ide dan yang direncanakan bakal ngisi materi gizi ternyata berhalangan hadir di hari itu karena ada kegiatan lain yang menyangkut kebidanan-nya.

Hari Jumat kemaren itu kami hanya ber-tujuh dari 'seharusnya' tiga-puluh-tiga emak yang bisa hadir. Ada yang berhalangan karena pekerjaan, karna sudah ada janji, karna anaknya sakit atau mungkin juga tidak tahu dengan acara ini karna blm masuk di grup WA nya, entahlah yang ini saya no comment ya.

Well, balik lagi ke acara memasak. Untuk pertemuan pertama ini kita masaknya yang simple aja ya. Dari yang awal idenya "Pizza Mie" sampai akhirnya berakhir dengan judul "Martabak Mie" wkwkwk #tepokJidat.
Tapi tetep tidak mengurangi keseruan kita lho...

Jam sembilan pagi kita mulai beber lapak di dalam kelas. Dibuka oleh BuKet paguyuban dan bapak wali kelasnya, acara pun dimulai. 
Awalnya masih kikuk dan flat, tapi ternyata hampir semua siswa antusias dan mempraktekannya secara berkelompok. Mulai deh kelihatan siapa-siapa yang udah jago masak, yang suka masak dan yang suka makan aja wkwkwk...

Masak seru di SD Islam Tabanan


Dan anak saya sepertinya pilihan yang ke-empat, flat. 


Yang pojokan nih si kakak yang susah pose senyum kalo di poto *geleng-geleng*


Terkahir, setelah acara masak selesai, kita makan bareng deh hasil masakan kita. Alhamdulillah acara yang serba dadakan gara-gara ganti jadwal ini pun selesai dengan senyum sumringah semuanya.
Mungkin masih banyak sih kekurangan kami, tapi untuk hari pertama ini oke lah ya bikin si kakak-kakak hepi, kesian khan kalo dijejali pelajaran muluk xixixi.

Jadi selain menggali potensi siswa, mengajari ketrampilan memasak, juga sebagai refresh buat siswa sebelum ujian akhir semester pekan depan. Semangat yah kakak-kakak (^。^)

Nah, buat nemenin belajar si kakak menjelang ujian, yuk Bunda kita bikinin cemilan biar belajarnya makin semangat.

Resep Martabak Mie Sayur


BAHAN:

  • 1 bks mie telur uk. 200 gram
  • 4 butir telur uk. Sedang
  • 100 gram wortel (boleh diganti atau ditambah sayur lainnya sesuai selera)
  • 1 btg daun bawang pre
  • 50 gram brokoli
  • 8 siung bawang putih, geprek cincang halus
  • 1 sdm bawang goreng
  • 1/2 bks lada bubuk
  • 1 sdt gula & garam
  • 4 bh Sosis @ potong 4 dan belah empat diujungnya.
  • Saus sambal/tomat dan mayonnaise

CARA MEMBUAT:

  1. Rebus mie telur setengah mateng, lalu bilas untuk ngilangin bau apeknya. Tiriskan.
  2. Tumis bawang putih hingga layu dan harum. Sisihkan.
  3. Potong wortel kotak kecil. Iris bawang pre. Siangi brokoli dan potong per kuntum kecil. Sisihkan.
  4. Kocok lepas telur, tambahkan bumbu, bawang putih, bawang pre, bawang goreng dan wortel. Terakhir masukin mie dan aduk rata.
  5. Cetak adonan dengan Snack maker yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  6. Beri hiasan sosis dan brokoli. Saus dan mayonnaise juga boleh disiramkan pada tahap ini ya.
  7. Panggang dengan api kecil sekitar 15 menitan atau hingga bagian bawah dan samping adonan kecoklatan.
  8. Angkat dan dinginkan.
  9. Enjoy


Gampang banget khan? Yuk cobain...

Masak seru di SD Islam Tabanan
Mau yang lebih praktis dengan Mie Instant? Cek disini



Happy cooking...

- Mak Icik -

Post a Comment

0 Comments