Donat Kentang

Donat kentang dengan aneka topping

Donat Kentang



Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh...

Ini tumben saya bisa bikin donat yang bisa dimakan, hahaha...
Ajaib lho hari ini saya bisa ngulenin donat tanpa halangan dan rintangan yg berarti #eaaaLebai 😁 biasanya, duhhh pokoknya saya ini paling kacau kalo disuruh bikin donat, aseli paling payah kalo suruh ngulen donat. Sampe pernah ya nolak orderan dari tetangga xixixi... Lha daripada gagal ntar saya capek deh donk :D

Jadi harus segera saya abadikan dan catat ya siapa tau besok-besok butuh.
Ini trial pertama saya yang sukses (kalo yang gagal bertubi-tubi itu abaikan saja gausah dihitung ya). Hasil nya ini empuk dan enak sih, tapi sayangnya belum bisa sesuai dengan yang saya makan dulu, jaman saya kecil yang se sungguhnya agak keras dan berasa banget kentangnya. Next mau nyoba lagi ah mumpung semangat ngulen xixixi


Donat kentang
Donat kentang dengan varian topping


Resep Donat Kentang


BAHAN:

* 500 g tepung terigu protein tinggi
* 250 g kentang, kukus dan haluskan
* 100 g gula pasir halus
* 1 butir telur
* 50 g margarin

BAHAN biang:
* 2 sdm gula pasir
* 1/2 sdm munjung ragi instan
* 75 ml air suam kuku


CARA MEMBUAT:

* Campur bahan biang hingga ragi aktif (berbusa)
* Campur tepung terigu, gula, telur dan bahan biang. Aduk rata. Tambahkan kentang kukus lalu uleni hingga setengah kalis. Tambahkan margarin dan uleni lagi hingga kalis. Diamkan 30-60 menitan atau hingga ngembang 2x lipat.
* Kempiskan adonan dan bagi adonan. Sy timbang @ 50 gram jadinya 20 bijian. Sesuai selera aja ya kalo mau uk besar bisa ditambahin.
* Bentuk bulat rapi dan tata, biarkan lagi selama 30 menitan atau ngembang.
* Cetak/lubangi dg botol atau boleh lsg dg jari, sebaiknya lubangnya agak gede ya soalnya nanti ngembang lagi jd akan nyempit lubangnya.
* Kl mau bagus hasilnya boleh dicetak atau pake botol. D foto sy pake jari ya makanya mletot semua, soalnya nyari botol ga nemu xixixi
* Goreng dg minyak banyak dan panas dgn api super kecil biar ga terlalu eksotis.
* Tiriskan dan beri topping sesuai selera.


Note:
* Jika biang tidak berbusa berarti ragi sudah mati jadi jangan dipake, ganti yang baru ya.
* Jika kentang diganti dengan ubi manis, gula boleh dikurangi sedikit ya biar gak terlalu manis. Sesuai selera aja sih.
* Tekstur empuk tapi tidak kopong.




Post a Comment

0 Comments