Menu

Sambal Matah Bunga Kecombrang

Sambal matah bunga kecombrang
Sambal matah bunga kecombrang


Assalamualaikum bunda...

Bali terkenal dengan keindahan alam dan budayanya tak terkecuali wisata kuliner yang selalu menggoyang lidah. Kali ini aku mau berbagi resep sambal bunga bongkotnya (kecombrang). Sebenernya udah banyak sih postingan tentang sambal ini, tapi aku juga mau berbagi biar makin rame hehehe

Ceritanya kapan hari Mba Weny wence si sales motogo bali ngajakin lunch di warung mba kum, nah ada sambal bongkot kesukaan dia itu. Icip boleh icip ternyata enak juga. Sambel ini cocok banget disandingkan dengan menu bakar-bakaran terutama ikan hmmmm (drool) tapi juga ngga mengurangi keenakannya lho meski lauknya cuma tempe goreng hehehe
Nah pas besoknya aku belanja di Tiara dewata liat ada bunga bongkot, jadi mendadak ada ilham gitu mau nyoba bikin sambel bongkot sendiri.
Sambel bongkot mirip banget dengan sambal serai atau sambal matah. Sambal bongkot yang umum adalah menggunakan bonggol kecombrang, tapi kali ini saya pake kuncup bunganya aja. Saya tambahkan juga serai biar menciptakan  wangi kolaborasi antara serai dan kecombrangnya (halahhh apaan sih)


Siapin dulu bahannya ya:
  • 3 buah bunga kecombrang (bongkot), ambil bagian kuncupnya saja.
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya (boleh tidak memakai jika tidak suka)
  • 10 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 5 buah bawang merah
  • 1,5 sdt garam
  • sejumput gula
  • 1 sdt terasi bakar
  • 3 buah jeruk limau
  • 3 sdm minyak kelapa (bisa diganti minyak zaitun atau minyak goreng pun jadi hehehe ^,^ asal jangan minyak bekas ya, apalagi bekas pijit)
  • 2 lembar daun jeruk purut

Cara membuatnya:
  1. Cuci bersih bunga kecombrang lalu iris tipis-tipis. Beri 2 sdt garam dan remas-remas hingga layu, cuci kembali agar rasa garamnya hilang. tiris dan sisihkan.
  2. Iris tipis serai, cabai rawit, bawang merah.
  3. Aduk jadi satu: bongkot, serai, cabai, bawang merah, terasi, garam, gula.
  4. Panaskan miyak lalu masukan semua bahan aduk-aduk sebentar kira-kira 1-2 menit hingga bahan tercampur rata dan layu. Beri air jeruk limau dan aduk rata. Siap deh.

Selamat Mencoba

- Mak Icik -




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan tidak meninggalkan link hidup.
Stop comment war!

Yukk bijak ber-Social Media...

Top Search

New Entry

design by Helplogger

Related post

Author



Saya bukan good writer, juga bukan good blogger, apalagi baking master,,, saya hanya emak-emak berdaster yang sering lupa kalo umurnya udah tua dan anaknya udah dua
(^。^) 

Yuk kenalan disini






"Berbagi-lah hal yang bermanfaat untuk orang lain meski itu kecil, Insya Allah akan memberi manfaat lebih untuk mu meski itu kelak"

- Sera Wicaksono -

Community